Wenger Akui Suka dengan Permainan Diego Costa

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Wenger Akui Suka dengan Permainan Diego Costa

Diego Costa dikenal sebagai pemain begitu agresif di atas lapangan. Kekuatan fisik dan semangat bermain yang begitu membara di setiap pertandingannya sontak membuat penyerang berdarah Brasil tersebut menjadi salah satu pemain depan yang paling menakutkan di dunia.

Meski demikian, nama Costa lebih dikenal karena kelicikannya di atas lapangan. Tak jarang ia menghalalkan segara cara demi memecah kebuntuan timnya. Arsenal pun menjadi salah satu kesebelasan yang ketiban sial atas ulah Costa saat mereka bertemu Chelsea September tahun lalu.

Namun siapa sangka, di balik aksi-aksi yang dilakukan oleh Costa, manajer Arsenal, Arsene Wenger, menyimpan ketertarikan kepadanya. Eks pelatih AS Monaco tersebut pernah memiliki harapan untuk mendapatkan servis Costa beberapa tahun lalu.

“Saya tidak pernah berpikir dia akan meninggalkan Atletico Madrid saat itu. Dan melihat dia pindah itu sangat mengejutkan,” ujar Wenger kepada The Guardian. “Apakah saya akan bekerja keras untuk mendapatkan Costa? Ya, tentu saja sebab dia adalah penyerang yang berkualitas.”

Wenger memiliki beberapa alasan mengapa dia menyukai Costa. Tak hanya soal kemampuan fisiknya, tapi juga beberapa perubahan utamanya yang terjadi di musim ini, yang membuatnya jauh lebih berbahaya.

“Saya menyukai Costa sebagai penyerang. Saya menyukai karakter bermainnya. Tidak untuk karakter yang lain. Dia pemain yang sangat bagus. Lihat, sejak musim ini digulirkan, apa yang ia tampilkan jauh lebih bersih dan lebih baik. Hal tersebut tentu saja membuat dia lebih berbahaya.”

Musim lalu, Costa tampil bak perusuh lini belakang Arsenal. Meski tak mencetak gol, namun Costa memiliki kontribusi atas kartu merah Gabriel Paulista, dan secara tidak langsung memberikan kemenangan untuk Chelsea 2-0.

“Dia bermain layaknya Didier Drogba. Kami tidak bisa menyalahkan Costa atas kartu merah yang kami dapat musim lalu. Sebab, dalam insiden pertama [kartu merah Gabriel Paulista], kami benar-benar salah karena bereaksi berlebihan atas provokasi yang ia lakukan. Sementara di insiden pemberian kartu merah kedua, taktik yang saya pilih adalah sebuah kesalahan.”

“Saya pikir dia tidak bersalah,” lanjut Wenger. “Sebab, dia bermain layaknya petarung dan Anda harus menghormati itu.”

Apa yang diungkapkan oleh Wenger mencerminkan bahwa Costa adalah momok menakutkan bagi Arsenal. The Gunners tentu wajib waspada pada dirinya. Sebab, bukan tidak mungkin, Costa bakal kembali menghadiahi Arsenal dengan kekalahan.

Komentar