Adebayor Kritisi Alasan Lyon Batal Merekrutnya

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Adebayor Kritisi Alasan Lyon Batal Merekrutnya

Olympique Lyon batal mengontrak mantan penyerang Arsenal dan Manchester City, Emmanuel Adebayor. Bagi seorang pemain, tidak dikontrak oleh klub adalah hal yang lumrah dan sering terjadi. Tapi, dalam kasus Adebayor ini, ia mencak-mencak kepada manajemen Lyon yang ia nilai tidak jadi mengontraknya karena alasan yang tidak masuk akal.

Seperti yang pernah diberitakan di ESPN FC, Lyon dikabarkan berminat merekrut Emmanuel Adebayor yang tak memiliki klub usai kontraknya dengan Crystal Palace berakhir, usai penyerang andalan mereka, Alexandre Lacazette, mengalami cedera. Lyon juga sudah merekrut penyerang muda dari Chateauroux, klub divisi tiga Liga Prancis, bernama Jean-Phillipe Mateta.

"Setelah cederanya Alexandre Lacazette, klub sekarang sedang mencari setidaknya satu tambahan penyerang baru," ujar situs resmi klub Lyon seperti dilansir ESPN FC.

Adebayor juga dikabarkan sudah bertemu dengan pelatih Lyon, Bruno Genesio. Sang pelatih pun mengatakan bahwa penyerang timnas Togo ini memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk membela klub yang bermarkas dari Stade de Gerland tersebut.

"Saya memiliki banyak pertanyaan untuknya (Adebayor), terutaman mengenai masa bermainnya di Crystal Palace. Saya ingin tahu apakah ia sedang berada dalam permainan terbaik dan apa motivasinya bergabung dengan klub ini," ujar Genesio.

Namun per Sabtu (17/9/2016), situs resmi klub Lyon mengungkapkan bahwa mereka tidak jadi mengontrak Adebayor dan lebih memilih untuk menanamkan investasi pada pemain muda yang mereka rekrut, Mateta. "Kedatangan dari pemain penuh prospek, Jean-Phillipe Mateta, cocok dengan strategi yang kami terapkan sekaligus investasi yang baik bagi kami,"

"Sementara itu, kami tidak jadi mengontrak Emmanuel Adebayor karena ia akan bermain dalam ajang Piala Afrika 2017, yang membuat ia harus absen dalam beberapa bulan. Ia juga tidak dapat bermain di babak grup Liga Champions Eropa," ujar situs resmi klub Lyon.

Alasan yang, menurut Adebayor, tidak masuk akal inilah yang membuat Adebayor marah. Ia mengungkapkan bahwa jika Lyon menggunakan alasan yang sama sebagai alasan untuk tidak merekrut pemain, mereka akan "membunuh" diri mereka sendiri.

"Mereka mengatakan itu? Benar-benar tidak masuk akal. Mereka mendatangiku setelah Togo lolos ke Piala Afrika 2017. Seharusnya mereka tahu kalau aku akan bermain di sana. Jika mereka tetap menggunakan alasan seperti itu (untuk tidak merekrut pemain), mereka akan membunuh diri mereka sendiri," ujar Adebayor seperti dilansir L`Equipe.

"Lyon berbicara kepada Claude Le Roy, pelatih timnas Togo, dan mereka tidak meminta Le Roy memberikan perlakukan khusus kepada saya. Seharusnya itu adalah alasan bahwa sebenarnya sudah ada kesepakatan yang terjadi. Nyatanya, tidak terjadi apa-apa," tambahnya.

foto: @PulseGhana

Komentar