Conte: Fabregas Harus Memperbaiki Aspek Bertahannya

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Conte: Fabregas Harus Memperbaiki Aspek Bertahannya

Kedatangan Antonio Conte ke Stamford Bridge seakan membawa perubahan bagi skuat Chelsea. Tidak hanya soal taktik dan strategi, tapi juga soal nama yang menurutnya pantas mengisi deretan pengisi skuat utama The Blues musim ini.

Salah satu nama yang begitu terpengaruh atas kedatangan Conte adalah Francesc Fabregas. Betapa tidak, di musim ini, Fabregas tampak kehilangan tempat untuk menjadi salah satu nama pengisi lini tengah Chelsea. Conte saat ini lebih memilih duet Nemanja Matic dan N’Golo Kante sebagai dua nama pengisi lini tengahnya.

Padahal, di musim lalu, ketika Chelsea diasuh oleh Jose Mourinho dan Guus Hiddink, pemain 29 tahun tersebut seolah menjadi elemen penting yang dibuktikan dengan catatan 33 penampilannya di Liga Primer.

Conte pun menjelaskan situasi sulit yang tengah dialami oleh Fabregas. Baginya, Fabregas masih masuk di dalam skemanya untuk Chelsea musim ini.

“Cesc masih masuk ke dalam skema saya dan tentu saja Chelsea,” ucap Conte dilansir oleh The Guardian. “Kita semua tahu bahwa dia adalah pemain yang fantastis. Saya melihat dia menunjukkan semangat kerja keras di setiap sesi latihan.”

“Jika dia terus menunjukkan penampilan seperti itu, akan sangat sulit bagi saya jika tidak memilihnya di lini tengah tim. Sebab, penampilan dari seorang pemain di saat tersebut akan menyingkirkan keraguan saya akan dirinya.”

“Kita semua tahu, Cesc adalah pemain yang memiliki teknik yang bagus. Sekarang, saya mencoba untuk lebih mengenalnya. Dan saya cukup senang dengannya sebab dia telah bekerja keras. Sebab saya cukup jujur terhadap para pemain. Jika dia memang pantas dimainkan, saya akan memainkan dia.”

Conte menambahkan, persoalan Chelsea di musim lalu adalah pertahanan. Oleh karena itu, dia lebih memilih pemain yang mampu bermain baik saat timnya menyerang dan saat timnya bertahan.

“Tim ini membutuhkan keseimbangan saat bertahan oleh karena itu musim lalu kami harus menerima nasib atas 53 gol yang bersarang. Di musim ini, saya mencoba berkompromi dengan pemain yang mampu bermain baik saat menyerang namun juga memiliki kemampuan bertahan,” tambah Conte. “Dan Oscar adalah pemain yang saya pilih karena ia mampu bermain baik saat menyerang dan bertahan.”

Sekarang tinggal kita tunggu, apakah Fabregas mau memperjuangkan posisinya di Chelsea atau ia malah tenggelam dalam bayang-bayang Oscar?

Komentar