Deschamps Sarankan Matuidi Gabung Juventus

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Deschamps Sarankan Matuidi Gabung Juventus

Kedatangan Unai Emery ke Paris Saint-Germain tidak membuat semua pihak di kesebelasan ibukota Prancis tersebut senang. Salah satunya Blaise Matuidi. Matuidi yang musim lalu dipercaya oleh Laurent Blanc menjadi kunci di lini tengah Paris Saint-Germain di musim ini justru malah jarang diberi kesempatan oleh Emery.

Nasib tersebut rupanya dibaca oleh pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps. Eks pelatih Olympique Marseille tersebut merasa bahwa apa yang menimpa Matuidi kini begitu berat dan memiliki dampak secara langsung kepada timnas Prancis.

“Saya tidak tahu apakah dia senang dengan situasi yang ia alami saat ini,” ucap Deschamps kepada Football Italia, Senin (29/8) waktu setempat. “Yang jelas, jika saya menjadi dia, tentu tidak menyenangkan memiliki situasi seperti yang ia alami itu.”

“Saya tentu gembira jika dia bertahan di Paris, apalagi jika ia mendapatkan jumlah pertandingan sama seperti yang ia dapatkan sebelumnya. Tapi situasinya kini tidak akan bisa seperti itu karena ia jarang mendapatkan kesempatan bermain.”

Di musim ini, Matuidi memang kurang dipercaya oleh Emery. Contoh paling jelas tentu adalah menit bermain yang sudah dicatatkan oleh pemain 29 tahun ini. Hingga pekan ketiga Ligue 1, eks pemain Saint Etienne ini belum mencatatkan tampil sebagai pemain inti. Ia bahkan hanya diberi kesempatan bermain sebanyak 54 menit dari tiga pertandingan.

Sementara di musim lalu, ia dipilih oleh Blanc untuk bermain dalam 31 pertandingan Ligue 1. Hasilnya, Paris Saint-Germain tidak hanya sukses meraih empat trofi, tapi juga membuatnya terpilih ke dalam Ligue 1 Team of The Year 2015/16.

Dipilihnya Emery menjadi pelatih Paris Saint-Germain di awal musim ini memang membawa banyak perubahan untuk kesebelasan asal Paris tersebut. Tidak hanya menyingkirkan Matuidi, Emery juga kurang memercayai Hatem Ben Arfa, Marco Verratti, dan Thomas Meunier.

Minimnya kesempatan bermain di skuat Paris Saint-Germain musim ini otomatis membuat nama Matuidi diincar kesebelasan lain, seperti Manchester United dan Juventus. Si Nyonya Tua menjadi kesebelasan yang paling berpeluang mendapatkan Matuidi. Juventus memilih Matuidi usai mereka menjual Paul Pogba ke Manchester United. Bianconeri memilihnya sebab ia memiliki gaya bermain yang hampir sama dengan gelandang berusia 23 tahun tersebut.

"Matuidi adalah sosok pemain yang paling cocok, tapi dia masih pemain PSG saat ini,” ucap CEO Juventus, Giuseppe Marotta kepada Premium Sport.

Deschamps pun mendukung jika Matuidi pada akhirnya memilih Juventus. "Dia adalah pemain yang profesional. Saya yakin, ia akan beradaptasi dengan mudah jika bergabung dengan Juventus,” kata Deschamps kepada Premium Sport.

Kesempatan untuk mendapatkan bermain memang menjadi salah satu alasan pergi Matuidi. Jika ia tetap bertahan di Paris, bukan tidak mungkin selain kesempatan bermain di Ligue 1 yang menurun, ia juga akan kehilangan kesempatan membela timnas Prancis dalam kualifikasi Piala Dunia 2018.

Komentar