Serba-Serbi Undian Babak Grup Liga Champions 2016/17

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Serba-Serbi Undian Babak Grup Liga Champions 2016/17

Kompetisi sepakbola level satu antar negara Eropa, Liga Champions Eropa, akan segera dimulai. Kamis (25/8) malam WIB, kompetisi tersebut bakal menggelar pengundian untuk menentukan pembagian grup bagi masing-masing peserta. Pengundian Liga Champions Eropa rencananya bakal digelar di Monako, tepatnya di Grimaldi Forum.

Sebelumnya, tepatnya, pada Kamis (25/8) dini hari WIB, 10 tempat tersisa telah diperebutkan dalam babak playoff. Beberapa kesebelasan, seperti Manchester City, FC Porto, Borussia Moenchengladbach, dan AS Monaco, berhasil terus melaju di kompetisi ini setelah mengungguli lawan-lawannya di babak playoff.

Liga Champions musim 2016/17 sendiri bakal menjadi edisi ke-62 sejak pertama kali digelar pada 1955 lalu. Kompetisi musim ini juga bakal menjadi edisi ke-25 setelah UEFA melakukan perubahan nama menjadi Liga Champions.

Berikut kesebelasan peserta diurut berdasarkan pot:

Pot 1: Real Madrid (Spanyol), Barcelona (Spanyol), Leicester City (Inggris), Bayern Munich (Jerman), Juventus (Italia), Benfica (Portugal), Paris Saint-Germain (Prancis), dan CSKA Moskow (Rusia)

Pot 2: Atletico Madrid (Spanyol), Borussia Dortmund (Jerman), Arsenal (Inggris), Manchester City (Inggris), Sevilla (Spanyol), FC Porto (Portugal), Napoli (Italia), dan Bayer Leverkusen (Jerman)

Pot 3: Basel (Swiss), Tottenham Hotspur (Inggris), Dynamo Kiev (Ukraina), Olympique Lyonnais (Prancis), PSV Eindhoven (Belanda), Sporting Lisbon (Portugal), Club Brugge (Belgia), dan Borussia Monchengladbach (Jerman)

Pot 4: Glasgow Celtic (Skotlandia), AS Monaco (Prancis), Besiktas (Turki), Legia Warsaw (Polandia), Dinamo Zagreb (Kroasia), Ludogorets Razgrad (Bulgaria), FC Kopenhagen (Denmark), FC Rostov (Rusia)

Berikut serba-serbi undian babak grup Liga Champions musim 2016/2017, dilansir dari situs resmi UEFA:

  • Pot 1 berisi kesebelasan juara bertahan Liga Champions musim sebelumnya. Sementara, tujuh kesebelasan lain yang mengisi akan diambil dari juara kompetisi, negara dengan koefisien tertinggi (Spanyol, Inggris, Jerman, Italia, Portugal, Prancis, dan Rusia)
  • Sementara, kesebelasan yang tidak terdapat di pot 1 akan masuk ke pot lainnya. Pemilihan pot bagi kesebelasan tersebut didasarkan pada koefisien masing-masing kesebelasan.
  • Dalam babak grup, suatu kesebelasan tidak akan menghadapi kesebelasan lain yang berasal dari satu asosiasi sepakbola.
  • Berdasarkan keputusan komite eksekutif UEFA, kesebelasan Ukraina dan Rusia tidak akan saling berhadapan. Hal ini disebabkan, kondisi politik kedua negara yang saat ini tengah bersitegang.

Hasil undian di babak grup ini otomatis akan berlaku di kompetisi UEFA Youth League, kompetisi yang pesertanya adalah kesebelasan junior dari masing-masing peserta Liga Champions musim 2016/17.

Undian dapat disaksikan melalui situs UEFA.com sekitar pukul 23:00 WIB malam ini.

Komentar