Manchester United Kesebelasan Eropa Terakhir Bastian Schweinsteiger?

Berita

by redaksi

Manchester United Kesebelasan Eropa Terakhir Bastian Schweinsteiger?

Kontrak Bastian Schweinsteiger masih tersisa dua tahun lagi. Namun, Manchester United mulai berpikir untuk melepasnya dengan gratis.

Bastian didatangkan Louis van Gaal dari Bayern Munich dengan nilai sekitar enam juta paun pada musim lalu. Kehadiran Bastian diharapkan bisa memperkuat lini tengah United, dari segi teknik, mental, maupun pengalaman. Sialnya, kehadiran sejumlah pemain baru lain seperti Ander Herrera membuat posisi Bastian kerap tergusur. Tidak seperti saat membela Bayern, Bastian justru gagal menjadikan dirinya sebagai simbol di lini tengah United.

Kehadiran Jose Mourinho sebagai pelatih baru, membawa dampak buruk buat Schweinsteiger. Ia bahkan diminta berlatih dengan tim cadangan. Mou pun dianggap tidak akan memasukkan Schweinsteiger ke dalam rencana strateginya pada musim ini.

Rabu (24/8) petang kemarin, Schweinsteiger mencuit soal kondisinya di United saat ini. Namun, cuitan tersebut terbilang mengejutkan karena Schweinsteiger menulis seperti ini:

"MUFC akan menjadi kesebelasan terakhirku di Eropa. Aku menghormati kesebelasan lain, tapi Manchester United adalah satu-satunya kesebelasan yang mampu membuatku pindah dari Bayern Munich. Aku akan siap kalau kesebelasan membutuhkanku. Ini yang bisa aku katakan soal situasiku saat ini. Aku ingin berterima kasih atas dukungan hebat dari para penggemar dalam beberapa pekan terakhir ini."

Berdasarkan The Guardian, setelah cuitan tersebut Manchester United yang tadinya mematok harga "jual rugi" dengan 2 juta paun untuk Schweinsteiger, mulai berpikir untuk mengizinkan Schweinsteiger pergi dengan gratis.

The Guardian pun mulai memperhitungkan ke mana langkah Schweinsteiger selanjutnya. Dengan tidak bermain di Eropa, kemungkinan ia akan pindah ke MLS (Amerika Serikat) atau Liga Tiongkok. Namun, di dua kompetisi tersebut, jendela transfer baru dibuka pada Februari (MLS) dan Juni (Tiongkok).

Salah satu kemungkinan terbesar adalah pindah ke Liga Qatar yang bursa transfernya baru ditutup setelah 30 September, serta Liga Uni Emirat Arab yang masih dibuka sampai 20 Oktober. Meskipun demikian, Bastian bisa saja pindah ke MLS atau Tiongkok asal ia dilepas oleh klub sehingga statusnya menjadi bebas transfer. Hal ini pun dipastikan oleh juru bicara FIFA yang dikonfirmasi The Guardian bahwa pesepakbola yang tidak tengah dalam kontrak dengan kesebelasan manapun, bisa bergabung dengan kesebelasan manapun di liga manapun saat itu juga.

Dengan melepas Schweinsteiger secara gratis, bisa jadi merupakan cara Manchester United memberikan penghormatan bagi legenda sepakbola Jerman tersebut. Terlebih, Schweinsteiger pun telah memastikan kalau Man United adalah kesebelasan Eropa terakhirnya. Bukan tidak mungkin ia akan pindah ke MLS atau Tiongkok; atau lebih "buruk" ia memutuskan untuk pensiun dari sepakbola.

Komentar