Pemain-Pemain yang Bisa Menjadi Solusi Bursa Transfer Kesebelasan Top Eropa

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi 26032

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Pemain-Pemain yang Bisa Menjadi Solusi Bursa Transfer Kesebelasan Top Eropa

Bursa transfer musim panas tak lama lagi akan ditutup. Per 1 September 2016, kesebelasan di liga top Eropa tak bisa lagi memboyong pemain anyar untuk musim 2016/2017. Karenanya bukan tak mungkin pengumuman pemain baru akan cukup deras hingga akhir Agustus nanti.

Hal ini dikarenakan sejumlah kesebelasan masih merasa belum puas dengan skuat yang ada. Chelsea dan Arsenal misalnya, masih mencari pemain di posisi bek tengah. Liverpool sedang mengupayakan pemain anyar di bek kiri. Juventus masih ingin membeli gelandang usai menjual Paul Pogba. Dan masih banyak lagi kesebelasan yang tengah diburu waktu untuk mendatangkan pemain anyar.

Jika pemain buruan gagal didapatkan, bukan tak mungkin akan banyak kesebelasan yang melakukan panic buying. Kami akan menyodorkan beberapa nama pemain yang masih mencari kesebelasan baru atau memungkinkan untuk pindah di sisa waktu bursa transfer ini.

Untuk memudahkan proses negosiasi, membeli pemain yang berstatus dijual, dipinjamkan, dan tak memiliki kesebelasan bisa menjadi pilihan terbaik. Kesebelasan peminat pun bisa jadi akan lebih menghemat dari sisi pengeluaran. Dari daftar ini, ada beberapa nama yang layak untuk dijajaki. Siapa saja mereka?

Penjaga Gawang

Jika mencari penjaga gawang, kiper Manchester City, Joe Hart, jelas menjadi pilihan terbaik. Kiper timnas Inggris ini tak masuk dalam skema manajer anyar Manchester City, Pep Guardiola. Bahkan Pep sudah hampir dipastikan mendapatkan kiper timnas Cile, Claudio Bravo.

Hart tentunya tidak mau hanya menjadi kiper cadangan, apalagi kiper cadangan ketiga setelah Willy Cabalero. Dikabarkan ia bersedia pindah dengan status pinjaman. Untuk kesebelasan Inggris, statusnya sebagai homegrown player jelas menguntungkan.

Selain Joe Hart, kiper Paris Saint-Germain, Salvatore Sirigu, tampaknya menjadi kiper lain yang bersedia untuk hengkang. Sejak musim lalu, posisinya sudah tergantikan oleh kiper muda asal Jerman, Kevin Trapp.

Musim ini, kans bermain Sirigu bisa jadi akan semakin mengecil. Hal ini dikarenakan Alphonse Areola menjalani masa peminjaman yang impresif bersama Villarreal musim lalu. Dengan status kiper cadangan Gianluigi Buffon di timnas Italia, jelas Sirigu bisa menjadi pembelian yang menguntungkan.

Bek Tengah

Lini pertahanan Arsenal disoroti usai kebobolan empat gol dari Liverpool. Banyak yang berpendapat bahwa Arsenal harus segera mendatangkan pemain anyar di posisi bek tengah. Hal ini yang mencuatkan isu transfer Skhodran Mustafi ke Arsenal, walau pada akhirnya negosiasi berjalan alot.

Selain Arsenal, Chelsea juga masih mencari pemain di posisi bek tengah. Apalagi Chelsea lebih membutuhkan pemain anyar di posisi ini karena stok pemain mereka memang terbatas. Apalagi incaran-incaran mereka seperti Kalidou Koulibaly dan Alessio Romagnoli masih belum menemukan titik terang.

Pada posisi bek tengah, salah satu nama terbaik yang bisa menjadi pilihan bagi yang bisa Arsenal, Chelsea, maupun kesebelasan lainnya adalah bek Manchester City, Eliaquim Mangala. Mangala sepertinya tidak masuk dalam rencana Pep dan bahkan terancam tidak akan didaftarkan untuk skuat Liga Primer Manchester City. Meski penampilannya inkonsisten pada musim lalu, namun untuk menambah kedalaman skuat jelas kualitasnya masih layak untuk dipertimbangkan.

Selain Mangala, Martin Caceres yang saat ini tidak mempunyai kesebelasan usai dilepas Juventus juga bisa menjadi opsi. Walau rentan mengalami cedera, kualitas bek asal Uruguay ini tak perlu diragukan ketika dalam top form. Belum lagi ia bisa ditempatkan sebagai bek kanan atau bek kiri.

Untuk pemain yang tak mempunyai kesebelasan, hanya Caceres memang yang cukup layak dipertimbangkan untuk kesebelasan top. Karena nama lain seperti Cristopher Samba, Alex, Modibo Diakite, Ricardo Carvalho, Philippe Mexes, Wes Brown, dan Phillipe Senderos tampaknya sudah menurun kualitasnya.

Bek Sayap

Salah satu kesebelasan top yang masih mengincar pemain anyar di pos bek sayap adalah Liverpool. Usai dibobol Arsenal tiga gol dan kalah dari Burnley (2-0), bek kiri Liverpool, Alberto Moreno, menjadi sorotan.

Namun Liverpool kesulitan mendapatkan pemain incarannya. Dimulai dari Raphael Guerreiro, Ben Chilwell, hingga Jonas Hector sempat dikaitkan dengan Liverpool namun gagal didapatkan. Kini mereka diisukan sedang memantau bek kiri Olympique Lyon, Jordy Gaspar.

Tak banyak memang pemain yang tersedia pada posisi bek kiri. Jika posisi bek kanan ada nama Daryl Janmaat (Newcastle United di Divisi Championship) atau Mathieu Debuchy yang memungkinkan untuk pindah atau Alvaro Arbeloa yang masih belum memiliki kesebelasan usai dilepas Real Madrid, pos bek kiri tak demikian.

Namun, nama Nicolai Boilesen tampaknya menjadi alternatif yang positif. Ia masih berusia 24 tahun dan sudah memiliki 15 caps di timnas Denmark. Ia juga sempat menjadi kapten di Ajax Amsterdam, kesebelasan yang ia bela sejak 2009 ini.

Hanya saja kariernya memang sering terganggu oleh cedera, sehingga kontraknya tak diperpanjang oleh Ajax akhir Juni lalu. Meskipun begitu bersama Caceres yang bisa bermain di bek kiri, Boilesen tampaknya menjadi opsi menarik untuk kesebelasan yang mencari pemain di pos bek kiri.

Halaman berikutnya: Gelandang, penyerang dan grafis 22 pemain pencari klub baru

Komentar