Sepuluh Ribu Bonek Menonton Persebaya U-16, Laga Terpaksa Ditunda

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Sepuluh Ribu Bonek Menonton Persebaya U-16, Laga Terpaksa Ditunda

Pertandingan terakhir Persebaya U16 melawan Espana Jember U16 di babak Penyisihan Grup A Liga Pelajar Piala Menpora U16 2016 yang digelar Jum’at (19/8) sore terpaksa ditunda. Penundaan sendiri dilakukan oleh pihak panitia usai puluhan ribu bonek memenuhi Lapangan Karanggayam, Surabaya.

Menurut Bimo, salah satu Bonek yang berada di Lapangan Karanggayam saat pertandingan, laga ini menjadi bukti bagaimana Bonek begitu rindu akan suasana sepakbola di Surabaya. “Alasan pertama Bonek memenuhi Karanggayam tentu saja karena Bonek rindu dengan suasana sepakbola di Surabaya.”

Kerinduan tersebut rupanya ditunjukkan oleh Bonek di laga Persebaya U16 tadi. Dalam laga tersebut, diperkirakan 10 ribu Bonek hadir di lapangan yang kerap dijadikan lokasi latihan Persebaya senior tersebut.

“Pukul 14.30, tanpa ada aba-aba ribuan Bonek sudah berkumpul di luar Lapangan Karanggayam. Pertandingan yang seharusnya dijadwalkan pukul 15.00 pun terpaksa ditunda hingga pukul 15.30,” tambahnya.

“Panitia terpaksa menunda pertandingan setelah melihat kondisi di lapangan.”

Awalnya, pertandingan ini memang tidak bakal diperkirakan seramai ini. Tak heran, penjagaan pertandingan ini tidak seketat saat kesebelasan senior bertanding. Masih menurut Bimo, aparat yang hadir di Karanggayam bisa dihitung dengan jari.

“Hanya ada dua polisi dan dua tentara yang berada di Karanggayam, makanya tidak ” lanjutnya.

Situasi adem ayem yang dikabarkan bakal menyelimuti Karanggayam di laga Persebaya U16 rupanya tidak terjadi.

“Ada beberapa faktor yang membuat pertandingan ini dipenuhi oleh puluhan ribu Bonek. Pertama, jelas karena kerinduan Bonek akan penampilan Persebaya. Kedua, dalam beberapa hari terakhir, salah satu harian asal Surabaya, Jawa Pos, membahas mengenai Persebaya.”

“Hal terakhir yang membuat laga ini ramai tentu adalah kabar adanya investor yang tengah mendekati Persebaya. Bonek tentu ingin menunjukkan kepada investor tersebut bahwa meski Persebaya kini masih berstatus abu-abu, namun tidak ada masalah soal pemberian dukungan.”

Dukungan memang pantas diberikan kepada Persebaya U16. Pasalnya, di babak penyisihan Grup A Liga Pelajar Piala Menpora U16 2016, Persebaya tengah duduk di puncak klasemen. Di laga pertama menghadapi Naga FC, Persebaya berhasil menang telak dengan skor 4-1. Sementara, di pertandingan kedua, Persebaya berhasil mengalahkan wakil Madiun, Leo Krajan, dengan hasil 2-0.

Foto (@BonekCasuals)

>August 19, 2016

Komentar