Chelsea Dapat Tampil Maksimal Selama 90 Menit Bersama Conte

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

Chelsea Dapat Tampil Maksimal Selama 90 Menit Bersama Conte

Chelsea tampil menjanjikan bersama manajer anyar mereka, Antonio Conte. Pada laga perdana Conte di Liga Primer, Chelsea berhasil disulapnya menjadi lebih berenergi dan tampil ngotot sepanjang 90 menit.

Conte berhasil meraih poin penuh pada debutnya di Liga Primer. Tapi sebenarnya ia nyaris hanya membawa pulang satu poin saja. Tentunya hal itu terjadi andai Diego Costa tak mencetak gol pada menit ke-89.

Mencetak gol di akhir pertandingan jelas bukanlah hal yang mudah bagi setiap kesebelasan. Semakin mendekati akhir pertandingan, semakin lelah juga para pemain. Dan seperti kata legenda Indonesia yang kini melatih Sriwijaya FC, Widodo Cahyono Putro, saat lelah, pemain akan kesulitan menerapkan strategi pelatih.

Walau bukan pertama kalinya, tapi Chelsea baru saja melakukannya. Apalagi lawan yang mereka hadapi, West Ham United, bukanlah lawan sembarangan. Skuat besutan Slaven Bilic itu sudah menjadi giant killer sejak awal kedatangannya pada musim 2015/2016.

Soal ini, Gary Cahill buka suara. Mantan bek Everton [ralat: Bolton] ini membeberkan alasan di balik performa spartan Chelsea selama 90 menit. Dan tentu saja, apa yang tersaji di Stamford Bridge, Selasa (16/8) dini hari WIB, itu merupakan buah pemikiran Conte, khususnya pada pramusim.

"Pramusim selalu sulit, tapi pramusim kali ini merupakan pramusim tersulit sepanjang karier saya dalam beberapa tahun terakhir. Tentu saja terkait soal kebugaran," ujar Cahill seperti yang dikutip Telegraph.

"Kami banyak berlari dan berlatih ketahanan. Saya merasakan ini baik untuk kondisi tubuh dan mencapai kondisi ideal di mana Anda seharusnya ketika berlaga di Liga Primer," tambah Cahill.

Sebelum Cahill, kapten Chelsea, John Terry, juga memuji apa yang telah Conte berikan pada pramusim. Tak jauh berbeda dengan Cahill, menurut Terry, Conte berhasil membuat semua pemainnya bugar tepat waktu.

"Ini latihan pramusim yang sangat bagus, Conte memberikan latihan dengan sesi ganda untuk membuat para pemain fit selama 90 menit. Semua pemain terlibat, karenanya tak heran semua pemain sudah sangat fit," kata Terry usai Chelsea menghadapi AC Milan di ajang ICC awal Agustus lalu.

Dari dua pernyataan di atas setidaknya kita tahu bahwa kunci permainan dengan intensitas tinggi Chelsea selama 90 menit ada di pramusim. Dan tentu saja sosok penting yang berhasil meningkatkan kebugaran dan ketahanan para pemain Chelsea tersebut adalah manajer mereka sendiri, Antonio Conte.

Komentar