Premier Futsal 2016 yang Bertabur Bintang

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Premier Futsal 2016 yang Bertabur Bintang

Olahraga futsal memang belum setenar sepakbola. Olahraga yang memiliki peraturan yang sedikit dimodifikasi dari peraturan sepakbola ini memang belum terkenal seperti halnya induk mereka, sepakbola lapangan besar. Namun, bukan berarti olahraga ini tidak menarik perhatian dari para pecinta sepakbola.

Seiring dengan diadakannya Piala Dunia Futsal pertama (1982 versi FIFUSA dan 1989 versi FIFA), maka futsal pun semakin menyebar dari daerah asal ditemukannya olahraga ini yaitu di Montevideo, Uruguay. Penerimaan masyarakat terhadap olahraga ini pun cukup baik, karena menjadi alternatif dari olahraga sepakbola. Dimainkan di dalam ruangan tertutup memungkinkan olahraga futsal ini dimainkan kapanpun dan dalam situasi apapun.

Banyak juga para pesepakbola yang memiliki latar belakang sebagai pemain futsal jempolan, contohnya adalah Ronaldinho Gauco. Namun, ada juga pemain futsal yang pernah mengecap pendidikan sebagai pemain sepakbola, salah satunya adalah Falcao yang sekarang didaulat sebagai pemain futsal terbaik dunia.

Pesona dari futsal ini sendiri masih terasa di berbagai belahan dunia, termasuk di India. Di negara yang olahraganya masih dalam taraf berkembang ini, baru-baru ini sebuah ajang bernama Premier Futsal 2016 diresmikan. Ajang yang melibatkan klub-klub futsal di India ini menjadi menarik karena ternyata ada beberapa bintang sepakbola di dalamnya yang turut serta.

Nama-nama tenar dalam dunia sepakbola seperti Ryan Giggs (mantan asisten manajer Manchester United), Paul Scholes (pemain kenamaan Manchester United), Ronaldinho, Deco (mantan pemain Barcelona), Hernan Crespo (mantan pemain AC Milan dan Inter Milan), dan Michael Salgado (mantan pemain Real Madrid) terlibat dalam acara ini. Belum lagi ada nama Falcao, sang bintang lapangan futsal yang turut serta.

Nama Ryan Giggs tentu cukup menarik perhatian, apalagi ia sempat dikabarkan merasa kesal oleh Daily Mirror, karena kalah oleh Jose Mourinho dalam perebutan kursi manajer Manchester United. Alih-alih mencari tempat baru untuk memulai karier manajerialnya, ia terjun terlebih dahulu dalam ajang Premier Futsal ini.

Ajang Premier Futsal ini sendiri digagas oleh mantan pemain timnas Portugal, Luis Figo. Dalam ajang yang akan berlangsung sampai 24 Juli ini, para pecinta sepakbola maupun futsal India akan dimanjakan oleh aksi-aksi dari para bintang di atas. Tempat dilangsungkannya ajang ini adalah di dua kota, yaitu Chennai dan Goa.



foto: mid-day.com

Komentar