Victor Valdes Merapat ke Middlesbrough

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Victor Valdes Merapat ke Middlesbrough

Sensasi yang muncul di bursa transfer musim panas 2016/17 belum berhenti. Kali ini giliran kesebelasan promosi Liga Primer Inggris, Middlesbrough, yang membuat sensasi di bursa transfer dengan mendatangkan eks kiper Barcelona, Victor Valdes, yang kini tidak memiliki kesebelasan.

Menurut BBC, kiper berusia 34 tahun tersebut telah resmi menyandang status sebagai salah satu penggawa kesebelasan berjuluk Boro usai menandatangani kontrak pada Jumat (8/7) dini hari WIB. Dalam pernyataannya, penjaga gawang yang menghabiskan 387 caps di tim senior Barcelona tersebut dikontrak selama dua musim hingga 2018.

Kedatangan Valdes jelas membuat manajer Middlesbrough, Aitor Karanka, senang. Dalam rilis resmi yang dikeluarkan oleh Middlesbrough, mantan tangan kanan Jose Mourinho ketika menangani Real Madrid ini mengakui begitu gembira dengan kedatangan Valdes.

“Saya begitu gembira karena ia memilih berkomitmen bersama kami. Semua percakapan yang kami lakukan sebelumnya membuatnya menjatuhkan pilihan di sini. Kedatangannya jelas memperkuat apa yang sudah kami miliki,” ujar Karanka di situs resmi Middlesbrough.

“Anda tidak bisa membayangkan bagaimana senangnya saya saat ini. Sebab, sangat tidak biasa bagi pemain seperti dia (Valdes) untuk bergabung dengan kesebelasan yang baru saja meraih status promosi,” tambahnya.

“Dia tahu bagaimana kuatnya kesebelasan ini. Kedatangan Valdes akan menguntungkan kami. Sebab ia akan membuat kami lebih mudah untuk mendatangkan pemain (berpengalaman),” pungkasnya.

Kiper peraih gelar Piala Dunia 2010 ini pun bakal langsung mengikuti pemusatan latihan Middlesbrough yang direncanakan akan digelar mulai pekan depan. Kedatangan Valdes bakal memperkuat kesebelasan yang telah tujuh tahun turun dari Liga Primer Inggris ini.

Pemegang tiga medali Liga Champions ini menjadi pemain kelima yang didatangkan oleh Karanka. Sebelumnya Karanka telah terlebih dahulu meresmikan kedatangan Viktor Fischer, Bernardo Espinosa, Marten de Roon, dan bek muda, Jordan McGhee.

Kehadiran Valdes juga bakal menambah aroma Spanyol di kesebelasan yang bermarkas di Riverside ini. Sebab, sebelum Valdes hadir, kesebelasan ini sudah memiliki empat staf berdarah Spanyol serta empat pemain yang pernah bermain maupun berdarah negeri Matador.

Gosip transfer Valdes mulai menyeruak beberapa pekan terakhir. Seperti dilansir Sky Sports, Valdes diminati oleh beberapa kesebelasan asal Portugal, Turki maupun Spanyol. Ia pun sempat diketahui menjalin kontak dengan kesebelasan Turki, Fenerbahce.

Sebelum memperkuat Middlesbrough, Valdes berstatus pemain Manchester United. Meski demikian, ia jarang mendapatkan kesempatan bermain akibat sulitnya ia bersaing dengan David de Gea dan Sergio Romero di pos kiper United.

Kariernya di Old Trafford semakin tidak jelas usai ia dimasukkan oleh eks pelatih United, Louis van Gaal, ke dalam daftar pemain yang dijual. Pada awal 2016 lalu, ia dipinjamkan ke kesebelasan Belgia, Standard Liege, meski akhirnya ia harus kembali ke United lebih cepat, usai masa peminjamannya dipotong oleh Standard per April lalu.

Komentar