Spurs Resmikan Kedatangan Victor Wanyama

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Spurs Resmikan Kedatangan Victor Wanyama

Ambisi Mauricio Pochettino untuk mendapatkan gelandang bertahan favoritnya ketika membesut Southampton, Victor Wanyama, akhirnya menjadi kenyataan. Setelah berjuang sejak bursa transfer musim panas tahun lalu, Jumat (24/6) dini hari WIB, Wanyama resmi menjadi pemain Tottenham Hotspur.

Pengumuman resmi mengenai kepindahan Wanyama ke Spurs pertama kali dipublikasikan oleh akun twitter resmi The Lilywhites. Kesebelasan yang musim lalu berada di peringkat ketiga Liga Primer Inggris ini mendatangkan Wanyama dalam kontrak berdurasi lima tahun dengan biaya 11 juta poundsterling..

Rendahnya biaya transfer yang dibayarkan oleh Spurs ke Southampton memang tidak mengagetkan. Pasalnya, kontrak Wanyama di Southampton hanya menyisakan satu tahun. Daily Mail menambahkan, Wanyama juga enggan bertahan di St. Mary’s dan menolak tawaran perpanjangan kontrak.

Pengumuman hijrahnya Wanyama juga ia nyatakan di situs resminya. Dalam pernyataan yang dibuat oleh Wanyama, ia mengakui sangat berterima kasih atas kesempatan bermain yang diberikan oleh Southampton.

“Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pendukung Southampton. Sebab, saya merasa para pendukung selalu ada baik ketika kami sedang ada di atas maupun di bawah,” tulisnyanya.

“Kedua, sepakbola merupakan olahraga tim dan akan sangat tidak tepat jika saya tidak berterima kasih kepada rekan satu tim. Terima kasih kepada Jose (Fonte) yang memimpin tim ini dan selalu memberikan dukungan moral kepada kami. Selain itu, terima kasih juga kepada seluruh pemain yang telah memberikan 100% kemampuannya kepada tim ini,” imbuhnya.

Sebelum bermain untuk Southampton, pemain yang memulai debut di timnas Kenya pada usia 15 tahun ini memperkuat kesebelasan Skotlandia, Glasgow Celtic. Penampilan baiknya di Celtic membuat Pochettino tertarik membawanya ke Southampton.

Tiga musim membela Southampton, Wanyama hijrah ke Spurs. Dengan status ini, ia menjadi pemain pertama yang didatangkan oleh Spurs untuk mengarungi musim 2016/2017. Keberadaannya bakal memperkuat lini tengah Spurs, yang sebelumnya diperkuat oleh Moussa Dembele, Eric Dier, Ryan Mason, Nabil Bentaleb, dan Thomas Carroll.

Keberadaan Wanyama membuat Spurs diyakini bakal melepas satu gelandangnya. Dari lima nama pemain tengah di atas, nama Mason dan Bentaleb banyak disebut akan dilepas oleh Spurs. Mason yang merupakan lulusan akademi Spurs, disebut bakal pergi karena gagal menunjukkan penampilan baik musim lalu. Akibatnya dari buruknya penampilan Mason, Pochettino pun kerap membangkucadangkannya.

Sementara itu, penyebutan nama Bentaleb dalam daftar pemain yang bakal dilepas Spurs memang tidak mengagetkan. Pemain timnas Aljazair ini bahkan lebih sering berada di meja penyembuhan akibat seringnya ia mengalami cedera.

ed: fva

Komentar