Frank de Boer di Antara Tiga Liga Besar

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Frank de Boer di Antara Tiga Liga Besar

Frank de Boer sudah digembor-gemborkan akan menjadi manajer di Liga Primer Inggris, menyusul dengan dipecatnya Garry Monk dari Swansea pada Desember 2015. Begitu juga dengan La Liga Spanyol. Saat itu, namanya dikaitkan dengan Valencia sejak pemecatan Gary Neville pada Maret lalu.

Akhirnya De Boer pun meninggalkan Ajax Amsterdam, kesebelasan yang sudah dibesutnya selama lima setengah tahun. Kekosongannya itu telah diisi Peter Bosz yang telah meneken kontrak selama tiga tahun ke depan. Sebelumnya Bosz melatih Maccabi Tel Aviv dari Liga Israel.

De Boer menginginkan tantangan baru dalam kariernya sebagai pelatih. "Saya mulai menyadari sudah waktunya untuk sesuatu yang lain. Itu lebih baik bagi saya dan saya pikir juga untuk Ajax," ungkapnya seperti yang dikutip dari The Guardian.

De Boer pun dikaitkan dengan Everton yang telah memecat Roberto Martinez. Kemampuan De Boer sebagai pelatih saat ini mengingatkan kiprah kepelatihan masa muda Louis van Gaal. Apalagi ia sudah mempersembahkan lima gelar juara selama melatih Ajax, yaitu empat Eredivisie dan satu Johan Cruijff Shield.

De Boer sendiri ingin Liga Inggris sebagai kelanjutan karier kepelatihannya. Tapi rupanya Everton bukanlah kesebelasan yang akan dibesutnya. Sebab, Everton justru menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatihnya saat ini. De Boer justru diarahkan kepada Southampton untuk mengisi posisi manajer yang ditinggalkan Koeman.

Kedatangan De Boer akan disambut para pemain-pemain Southampton yang pernah merasakan Liga Belanda, seperti Graziano Pelle, Virgil van Dijk, Dusan Tadic, dan Jordy Clasie. Apalagi Pelle dikabarkan terus digoda Everton agar mengikuti jejak Koeman sebagai pelatih kesayangannya.

Di sisi lain, De Boer memunculkan peminat baru, yaitu AC Milan. Selain De Boer, Milan juga mengincar Andre Villas-Boas, Laurent Blanc, Louis van Gaal, dan Rudi Garcia. Sebelumnya, Milan berencana menaikkan status Cristian Brocchi dari caretaker menjadi pelatih utama. Mereka juga mengincar Marco Giampaolo yang membesut Empoli.

Milan tertarik dengan De Boer yang mengusung formasi 4-3-3 yang mengandalkan kualitas teknis. Apalagi Milan berharap tuah De Boer yang berbakat mengembangkan pemain-pemain muda. Saat ini Milan sendiri punya pemain-pemain muda seperti Gianluigi Donnarumma, Mattia De Sciglio, Jose Mauri, M`Baye Niang, dan lainnya.

Sumber lain: Daily Mail, Gazzetta World, Mirror, Talk Sport, The Sun.

ed: fva

Komentar