Satu Poin yang Bisa Meloloskan Hungaria ke Babak 16 Besar

Berita

by redaksi

Satu Poin yang Bisa Meloloskan Hungaria ke Babak 16 Besar

Pertandingan antara Islandia menghadapi Hungaria berakhir dengan skor 1-1. Dua tim kuda hitam berhadapan dalam pertandingan ke-2 Grup F Piala Eropa 2016. Laga kedua tim ini berlangsung di Stade Velodrome Marseille, Sabtu 18 Juni 2016.

Dalam pertandingan perdananya di Piala Eropa, Islandia yang merupakan tim debutan Piala Eropa dapat menahan imbang Portugal dengan skor 1-1. Dengan komposisi pemain yang bisa dibilang tidak diunggulkan, Islandia mampu membuat Cristiano Ronaldo dkk kesulitan mengunggulkan kedudukan. Dan Hungaria di pertandingan sebelumnya di grup F mampu mengalahkan Austria dengan skor 2-0.

Di pertandingannya kali ini, Islandia unggul lebih dulu lewat tendangan penalti Gylfi Sigurdsson di menit 40. Ganjaran tersebut harus diterima Hungaria, karena Kádár, pemain belakang Hungaria bernomor punggung 4 melakukan pelanggaran kepada Aron Gunnarsson (kapten Islandia) di kotak penalti.

Secara penguasaan bola, Hungaria lebih unggul dibandingkan Islandia dengan 67%. Hungaria yang bermain dengan formasi 4-3-3 tercatat melepaskan tembakan 23 kali dengan 12 kali mengarah ke gawang. Mereka memang tampil cukup dominan dengan akurasi operan mencapai 87%. Berbeda dengan Islandia yang bermain 4-4-2, dengan akurasi passing 65%, mereka hanya melepaskan tujuh tembakan.

Hungaria menyamakan kedudukan di menit ke-88 lewat gol bunuh diri dari pemain belakang Islandia, Mar Saevarsson. Saevarsson yang hendak mengalihkan umpan silang yang dilancarkan oleh Nikolic yang diarahkan ke pemain depan Hungaria malah memasukkan bola tersebut ke gawangnya sendiri. Hingga peluit panjang ditiupkan, pertandingan bertahan dengan skor imbang 1-1.

Heimir Hallgrímsson selaku pelatih Islandia menyampaikan pujiannya terhadap Hungaria, namun ia juga kecewa dengan hasil imbang yang diraih oleh timnya. "Kami sangat senang dengan satu poin melawan Portugal , tapi kami kecewa dengan hasil pertandingan kali ini. Ruang ganti diam. Saya ingin memuji Hungaria dan pelatih mereka. Hungaria adalah tim yang sangat bagus dan orang-orang yang meremehkan mereka akan menderita," tuturnya seperti yang dilansir dalam UEFA.

Dengan hasil imbang tersebut, Hungaria sementara menempati posisi puncak grup dengan mengantongi 4 poin. Hasil imbang pada pertandingan terakhir grup F menghadapi Portugal, bisa membuat mereka berstatus juara grup F saat melangkah ke fase gugur nanti.

Namun Hungaria masih belum aman meski saat ini menempati peringkat pertama. Jika Hungaria kalah di laga terakhir menghadapi Portugal dan Islandia memenangi pertandingan saat menghadapi Austria di laga terakhir, maka Portugal dan Islandia-lah yang secara otomatis melangkah ke babak 16 besar.

Meskipun begitu, andai nantinya dikalahkan Portugal, setidaknya Hungaria bisa mengakhiri babak grup di peringkat ketiga. Dari peringkat ketiga ini mereka masih bisa meraih asa untuk mendapatkan predikat peringkat tiga terbaik. Dengan begitu hasil imbang melawan Islandia ini bisa mereka syukuri.

(@gigihgg)

Komentar