Conte Sudah Kantongi Cara Menghadapi Swedia

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Conte Sudah Kantongi Cara Menghadapi Swedia

Kemenangan atas Belgia tidak boleh membuat Antonio Conte dan anak asuhannya puas. Sebab lawan tangguh lainnya, Swedia, sudah menunggu dalam laga kedua Piala Eropa 2016 Grup E, Jumat (17/6) malam WIB, di Stadium de Toulouse.

Hasil positif di laga melawan Belgia harusnya tidak membuat Conte berpuas diri. Bebannya sendiri dipastikan bakal berkali-kali lipat karena Swedia juga berambisi menang untuk menjaga peluang mereka untuk tetap lolos.

Meski saat ini kedua kesebelasan berjarak cukup jauh dalam ranking FIFA (Italia berada di peringkat ke-12 sementara Swedia berada di peringkat ke-35), namun Swedia bukan lawan yang bisa dianggap remeh. Bahkan dalam lima pertemuan terakhir di turnamen resmi, Swedia mampu membuat Italia berbagi kemenangan dengan masing-masing dua.

Demi mendapatkan kemenangan melawan Swedia, Conte pun menginstruksikan anak asuhannya untuk benar-benar fokus di laga ini. Dalam wawancara Conte di situs resmi UEFA, ia mengharapkan bahwa apa yang dilakukan anak asuhannya di laga melawan Belgia dapat kembali ditunjukkan.

“Saya beruntung bahwa anak-anak bermain sangat fokus dan penuh semangat sehingga kami meraih kemenangan di laga pertama. Saya yakin bahwa satu pertandingan tidak akan mengubah permainan mereka,” ujar Conte.

“Kami menunjukkan permainan yang baik saat melawan Belgia dan membuat awalan yang bagus di Piala Eropa 2016. Namun, hal tersebut belum menghasilkan apa-apa bagi kami. Kami bahkan belum lolos ke babak 16 besar, yang merupakan target pertama kami,” imbuhnya.

“Kami merasa, banyak pertandingan yang begitu ketat (di Piala Eropa 2016), bahkan banyak pertandingan yang berjalan begitu berat bagi tim besar. Coba lihat Prancis, mereka yang hanya menghadapi Albania, butuh 90 menit untuk mencetak gol pertama dan menit ke-96 untuk gol kedua,” tambahnya.

Untuk mengatasi kesulitan tersebut, Conte pun berupaya untuk mencari tahu kelemahan lawannya, utamanya ketika meraih hasil imbang 1-1 melawan Irlandia pekan lalu.

“Kami sudah tahu apa yang harus dilakukan. Yang jelas, kami perlu mempersiapkan segalanya dengan baik serta konsentrasi terhadap apa yang harus kami lakukan,” pungkasnya.

Sebagai penutup, Conte berujar bahwa ada beberapa pemain yang menjadi perhatiannya, di antaranya adalah Zlatan Ibrahimovic, Emil Forsberg, dan John Guidetti. Di antara ketiganya, Ibrahimovic tentu bakal menjadi nama yang paling diperhatikan oleh Conte.

Jika Italia berhasil meraih kemenangan di laga ini, Gli Azzurri bakal menjadi kesebelasan kedua yang lolos ke babak 16 besar. Sebelumnya, tuan rumah Prancis, terlebih dulu lolos ke babak 16 besar usai dua kali meraih kemenangan di Grup A.

Komentar