Hasil Imbang Lawan Rumania, Tunda Keinginan Swiss Lolos dari Fase Grup

Berita

by Billi Pasha

Billi Pasha

Selalu menganggap sepakbola dan musik adalah dua hal paling indah di dunia

Hasil Imbang Lawan Rumania, Tunda Keinginan Swiss Lolos dari Fase Grup

Keinginan Swiss untuk menjadi kesebelasan pertama di ajang Piala Eropa 2016 yang lolos dari fase grup harus tertunda. Pasalnya, mereka hanya bermain imbang 1-1 dengan Rumania. Gol Swiss dicetak oleh Admir Mehmedi sedangkan Rumania lewat kontribusi Bogdan Stancu.

Raihan tiga poin di laga pertama atas Albania membuat mereka tampil percaya diri. Akan tetapi mereka harus dikejutkan lewat gol cepat Rumania pada menit ke-18. Tim besutan Anghel Iordănescu itu dihadiahi tendangan penalti oleh wasit Sergei Karasev akibat pelanggaran yang dilakukan oleh Stephan Lichtsteiner. Stancu yang kembali ditunjuk sebagai algojo, tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan sukses mengubah papan skor menjadi 1-0 untuk Rumania.

Tendangan penalti tersebut merupakan yang kedua kalinya bagi Tricolorii , sebelumnya mereka juga telah mendapatkan tendangan 12 pas saat berhadapan dengan tuan rumah Prancis. Baru 12 menit usai turun minum, Swiss berhasil menyamakan kedudukan. Mehmedi sukses menjebol gawang Rumania yang dikawal Ciprian Tatarusanu dengan tendangan kerasnya.

Pasca mencetak gol, Swiss bermain lebih agresif. Haris Seferovic yang dinilai bermain buruk ditarik keluar oleh pelatih Vladimir Petkovic. Pemain Eintracht Frankfurt tersebut hanya mencatatkan satu tembakan tepat sasaran dari tiga percobaan yang dilakukan. Breel Embolo yang diplot menjadi ujung tombak pun belum bisa menghadirkan gol.

Swiss sendiri memang mengalami permasalahan pada lini serangnya. Mehmedi, sang pencetak gol merupakan pemain yang beroperasi di sektor sayap. Bahkan gol kemenangan di laga pertama lahir dari bek tengah mereka, Fabian Schär.

Masalah yang sama juga dihinggapi oleh Rumania. Dua gol yang dicetak oleh Vlad ChiricheÈ™ dan kawan-kawan lahir via tendangan penalti. Memang lini belakang mereka menuai pujian setelah hanya kebobolan dua gol pada babak kualifikasi. Akan tetapi untuk bertahan di ajang Piala Eropa, mereka juga harus mampu mencetak gol saat open play. Pasalnya selain total perolehan poin, jumlah gol juga sangat menentukan kans mereka untuk finis di peringkat dua besar Grup A, ataupun menjadi juara ketiga terbaik yang memeroleh tiket ke babak 16 besar.

Dengan hasil imbang tersebut, posisi Swiss belum bisa dipastikan aman. Pasalnya pada laga selanjutnya mereka akan berhadapan dengan Prancis yang diuntungkan saat tampil di hadapan pendukungnya sendiri. Sementara itu Rumania wajib meraih poin penuh saat melawan Albania untuk tetap menjaga asa tampil di fase knock-out, sekaligus berharap Prancis bisa menang atas Swiss.

ed: fva

Komentar