Gasak Panama 4-2, Cile Jadi Kesebelasan Terakhir yang Lolos

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Gasak Panama 4-2, Cile Jadi Kesebelasan Terakhir yang Lolos

Copa America Centenario akhirnya menemukan daftar perempatfinalisnya. Cile sebagai juara bertahan menjadi kesebelasan terakhir yang lolos ke babak perempatfinal usai mengalahkan Panama 4-2. Dengan hasil ini, Cile bakal menghadapi Meksiko yang tampil sempurna sebagai juara Grup C.

Kemenangan ini pun disambut suka cita pendukung dan pemain Cile. Pasalnya, jika mereka sampai kalah dari Panama di laga ini, maka mereka akan mengikuti jejak Brasil sebagai kesebelasan unggulan yang gagal lolos ke perempatfinal.

Duet striker asal kesebelasan yang mentas di Eropa, Eduardo Vargas dan Alexis Sanchez menjadi pahlawan dalam kemenangan ini. Sebab, dalam laga yang digelar di Lincoln Financial Field, Philadelphia, Rabu (15/6/2016) pagi WIB, mereka masing-masing membuat dua gol untuk kesebelasan asuhan Juan Antonio Pizzi.

Panama yang menargetkan untuk lolos ke perempatfinal berhasil mengejutkan Chile sejak awal pertandingan. Kejutan tersebut pada akhirnya menjadi petaka untuk anak asuh Pizzi usai tembakan jarak jauh Miguel Camargo pada menit kelima berhasil menjebol gawang Chile asal kesebelasan Barcelona, Claudio Bravo.

Tak ingin pulang dengan tangan hampa, Cile mencoba untuk terus menekan setelah gol tersebut. Harapan mulai muncul ketika pada menit ke-15 tembakan Eduardo Vargas, memanfaatkan kerja sama antar Alexis Sanchez dan Arturo Vidal, berhasil berhasil menjebol gawang Panama yang dikawal oleh Jaime Penedo.

Cile pada akhirnya berhasil unggul sementara ketika pertandingan memasuki menit ke-43 lewat Vargas, yang diawali oleh akselerasi Jean Beausejour di sisi kanan pertahanan Panama. Skor 2-1 pun menjadi penutup babak pertama.

Di babak kedua Chile tidak mengubah tempo permainan mereka, sementara Panama mulai menaikkan tempo permainan serta menaikkan volume serangan mereka. Tapi sayang, taktik Panama tersebut justru menjadi blunder bagi mereka.

Pada menit ke-50, melalui sebuah serangan balik, Cile berhasil mengubah skor menjadi 3-1. Dalam gol kali ini, giliran Vargas yang menjadi arsiteknya. Umpan lambungnya di dalam kotak penalti berhasil disontek dengan kencang oleh Alexis Sanchez.

Ketinggalan 3-1 tidak membuat semangat Panama padam. Panama bahkan mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3 ketika pertandingan memasuki menit ke-75. Melalui sebuah tendangan bebas, Abdiel Arroyo yang berada di tiang jauh berhasil menyundul bola. Bravo lagi-lagi gagal mengantisipasi bola dan harus merelakan gawangnya kembali jebol.

Sayangmya, gol tersebut tidak mampu membawa Panama untuk mencetak gol lagi. Cile berhasil menutup pertandingan dengan sebuah gol jelang laga berakhir melalui Alexis Sanchez.

Dengan kemenangan ini, Cile harus puas berada di posisi kedua Grup D dengan total enam poin dari tiga laga. Di atas Cile ada Argentina yang mengalahkan mereka di laga pertama dengan skor 2-1. Argentina sendiri berada di posisi puncak dengan sembilan poin usai memenangi semua pertandingan di babak grup.

ed: fva

Komentar