Kemenangan Telak Atas Haiti Antarkan Ekuador ke Babak Perempat Final

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Kemenangan Telak Atas Haiti Antarkan Ekuador ke Babak Perempat Final

Ekuador berhasil memenangkan pertandingan terakhir mereka di grup B dalam ajang Copa America Centenario 2016. Menghadapi Haiti di East Rutherford, Ekuador mampu meraih kemenangan dengan skor 4-0. Dengan kemenangan ini, Ekuador melaju ke babak selanjutnya tanpa menunggu hasil pertandingan dari Brasil vs Peru.

Gol-gol Ekuador dalam pertandingan ini dicetak oleh Enner Valencia (`11), Jaime Ayovi (`20), Christian Noboa (`57), dan Antonio Valencia (`78). Gol yang dicetak Enner ini melanjutkan tren positif yang ia tunjukkan bersama timnas. Total Enner sudah mencetak 16 gol dalam 28 caps nya bersama timnas Ekuador.

Pertandingan sendiri sejak awal sudah berlangsung dengan berat sebelah dengan Ekuador yang tampil dominan. Sejak peluit pertandingan dibunyikan Ekuador langsung menekan pertahanan Haiti. Lewat dua sayapnya yang cukup menonjol dalam pertandingan ini, yaitu Antonio Valencia dan Jefferson Montero, Ekuador menciptakan beberapa peluang, termasuk dua peluang yang mengancam gawang Haiti.

Sayap Ekuador menjadi kunci dalam penyerangan Ekuador kali ini. Empat gol yang Ekuador cetak berawal dari pergerakan pemain di sayap, sebelum akhirnya bola dialirkan ke dalam kotak penalti untuk kemudian dieksekusi menjadi gol. Montero dan Antonio Valencia bermain eksplosif dan mampu memanfaatkan ruang kosong yang ada di pertahanan Haiti.

Untuk Haiti sendiri, permainan mereka hampir sama ketika melawan Brasil. Meski tampil dengan lima bek, ruang yang ada di pertahanan Haiti terlalu lapang, dan hal ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain Ekuador, utamanya via sayap Jefferson Montero dan Antonio Valencia.

Hal ini ditambah dengan pergerakan Enner Valencia yang cair di lini depan sehingga memudahkan pemain seperti Jaime Ayovi beberapa kali masuk dari second line, terlihat dalam peluang yang diciptakan pada pertengahan babak pertama dan juga gol yang Jaime Ayovi cetak pada menit ke-20.

Arah permainan mulai sedikit berubah pada babak kedua. Haiti mulai bermain lebih agresif dan menekan pertahanan Ekuador. Mereka menciptakan beberapa peluang yang sempat membahayakan Ekuador, namun tak ada satupun yang berujung gol karena serangan kerap kali terpatahkan oleh kiper maupun lini pertahanan Ekuador.

Di sinilah Ekuador mulai bermain lebih cerdas. Mereka menunggu terlebih dahulu Haiti dalam melakukan serangan untuk kemudian menyerang melalui serangan balik kilat, kembali lewat sayap. Noboa dan Antonio Valencia menjadi pemain yang mampu menyelesaikan peluang ini untuk menjadi gol.

Dengan hasil ini, Ekuador sudah pasti akan lolos ke babak delapan besar Copa America Centenario. Menempati posisi runner-up grup, Ekuador dipastikan akan menghadapi juara grup A sekaligus tuan rumah turnamen, yakni Amerika Serikat.

Komentar