Messi Bawa Argentina Raih Kemenangan Telak Atas Panama

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Messi Bawa Argentina Raih Kemenangan Telak Atas Panama

Kemenangan atas Bolivia di awal pekan ini membuat Panama difavoritkan menjadi kuda hitam Copa America Centenario. Selain itu, Panama juga dijagokan untuk menyulitkan Argentina yang akan menjadi lawan di laga kedua mereka di turnamen peringatan 100 tahun ini, Sabtu (11/6).

Namun, pemberian gelar tersebut malah membuat Panama tak berdaya. Penampilan baik mereka di pertandingan pertama tak terlihat dan malah membuat Argentina menang 5-0 atas negara Amerika Tengah tersebut di Soldier Field, Chicago.

Ketidakberdayaan Panama terlihat sejak pertandingan dimulai. Argentina yang kembali membangkucadangkan Lionel Messi dan Sergio Aguero, mampu memanfaatkan kondisi tersebut dan membuat mereka tampil begitu superior di awal-awal laga.

Hasilnya, Argentina mendapatkan tembakan bebas usai Blas Pérez melanggar Javier Mascherano di daerah permainan Panama pada menit keenam. Angel Di Maria yang ditunjuk menjadi eksekutor pun mengarahkan bolanya ke tiang jauh, dan berbuah gol usai bola ditanduk oleh Nicolas Otamendi, yang berdiri tanpa kawalan, ke sisi kanan gawang.

Meski unggul jumlah pemain, Argentina belum bisa menggandakan keunggulan. Hingga turun minum, belum ada gol tambahan tercipta. Argentina untuk sementara unggul 1-0 atas Panama di paruh pertama.

Kesialan Panama atas gol cepat semakin bertambah ketika salah satu pemain mereka, Anibal Cesis Godoy, menerima kartu merah di menit ke-32. Kartu merah ini dikeluarkan oleh wasit Joel Aguilar usai melihat Godoy meninju Nicolas Gaitan ketika memperebutkan bola.

Meski bermain dengan sepuluh pemain Panama masih mampu menahan serangan Argentina. Babak pertama pun diakhiri dengan skor 1-0 untuk keunggulan sementara Argentina.

Melihat anak asuhnya tampil kurang greget, pelatih Argentina, Gerrardo Martino, pun memasukkan Lionel Messi pada menit ke-61 untuk menggantikan pemain Atletico Madrid, Augusto Fernandez.

Masuknya Messi langsung memberikan dampak positif bagi Argentina. Tujuh menit berselang, Messi langsung mencetak gol usai memanfaatkan bola sapuan pemain belakang Panama yang mengenai wajah Gonzalo Higuain.

Di menit ke-78, Messi mencetak gol keduanya. Mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari depan kotak penalti, Messi mengarahkan sepakan terukur ke pojok kanan atas gawang dan tak mampu dijangkau Penedo.

Menang 2-0 membuat Argentina semakin berambisi untuk mencetak gol. Dan lagi-lagi Messi kembali menjadi pencetak golnya usai memanfaatkan tendangan bebas dari luar kotak penalti. Beberapa menit berselang, Messi kembali mencetak gol sekaligus menjadi gol hat-trick pertama yang diciptakan di edisi kali ini.

Parade gol kemenangan Argentina ditutup oleh tandukan Sergio Aguero yang berdiri bebas di depan penjaga gawang Albicelester. Argentina menang telak 5-0 dan mengokohkan posisinya di puncak klasemen sementara grup D dengan enam poin dari dua pertandingan. Tak ada lagi gol yang tercipta di sisa pertandingan tersebut. Argentina pun menang telak 5-0.

Susunan pemain:

Argentina: Romero; Mercado, Otamendi, Funes Mori, Rojo; Augusto (Messi 61`), Mascherano, Banega; Gaitan, Di Maria (Lamela 43`), Higuain (Aguero 76`)

Panama: Penedo; Machado, Baloy, Henriquez, Miller; Cooper (Arroyo 76`), Godoy, Pimentel (Camargo 20`), G. Gomez, Quintero; Perez (Tejada 75`).

Komentar