Taklukkan Paraguay, Kolombia Jadi Tim Pertama yang Lolos ke Babak Perempat Final Copa America

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Taklukkan Paraguay, Kolombia Jadi Tim Pertama yang Lolos ke Babak Perempat Final Copa America

Setelah meraih kemenangan di partai perdana Copa America Centenario melawan tuan rumah Amerika Serikat, pada laga kedua Kolombia kembali meraih kemenangan. Dalam pertandingan yang digelar Rabu (08/06) di stadion Rose Bowl, Pasadena, California, Amerika Serikat, skuat asuhan Jose Pekerman berhasil menaklukkan Paraguay dengan skor 2-1. Menjadi manis karena laga kali ini adalah pertandingan ke-50 Pekerman sebagai pelatih Kolombia.

Sempat dikabarkan akan absen karena bahunya bermasalah ketika berhadapan dengan Amerika Serikat, James Rodriguez nyatanya kemudian tetap diturunkan oleh Pekerman. Dan dengan luar biasa James bermain apik dan menjadi kunci Kolombia untuk memenangkan pertandingan. Satu asis untuk gol Carlos Bacca, serta satu gol yang ia cetak pada menit ke-30 membuat James menjadi pemain yang paling bersinar pada pertandingan kali ini.

Hampir serupa pada pertandingan pertama, Kolombia mencoba langsung mendominasi pertandingan sejak menit-menit awal. Dan hal serupa juga terjadi seperti pertandingan perdana, Kolombia mencetak gol pertama melalui situasi bola mati. Situasi sepak pojok pada menit ke-12 berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Carlos Bacca. Penyerang AC Milan tersebut menanduk bola hasil umpan James Rodriguez yang bersarang di gawang Paraguay, Kolombia unggul 1-0.

Sebuah serangan balik cepat disusun oleh Kolombia pada pertengahan babak pertama. Umpan panjang dikirim oleh Christian Zapata langsung ke lini depan. Bola kemudian diterima oleh Bacca yang langsung merangsek masuk ke jantung pertahanan Paraguay, setelah aksi individu Bacca yang kemudian menyodorkan bola kepada Edwin Cardona, sebuah tendangan kaki kiri James Rodriguez kemudian menggandakan keunggulan Kolombia.

Paraguay terus mencoba mengejar ketertinggalan, eksekusi tendangan bebas Dario Lezcano masih bisa diamankan oleh kiper Kolombia, David Ospina. Paraguay kembali membuat Ospina harus berjibaku mengamankan gawang nya, melalui sebuah sundulan yang hampir saja membobol gawang Kolombia.

Paraguay terus menggempur pertahanan Kolombia. Dua menit setelah gol Kolombia yang dianulir, Paraguay berhasil menipiskan ketertinggalan. Victor Ayala berhasil menyarangkan bola ke gawang Ospina melalui tendangan jarak jauh.

Mencoba mengejar ketertinggalan, petaka justru menghinggapi Paraguay. Oscar Romero menerima kartu kuning kedua sehingga Paraguay harus bermain dengan 10 pemain menjelang pertandingan berakhir.

Hingga wasit Heber Lopes asal Brasil meniupkan peluit panjang tanda pertandingan usai, skor tidak berubah 2-1 untuk keunggulan Kolombia. Dengan hasil pada pertandingan kali ini, Kolombia dipastikan menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Copa America Centenario. James Rodriguez dan kawan-kawan mengumpulkan enam poin hasil dua kali kemenangan.

Komentar