Tidak Menyanyikan Lagu Kebangsaan, Mesut ?zil Dikritik

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Tidak Menyanyikan Lagu Kebangsaan, Mesut Özil Dikritik

Kalau anda adalah pemain timnas sebuah negara, sebelum pertandingan berlangsung apakah anda akan menyanyikan lagu kebangsaan negara anda? Saya yakin, pasti anda akan menyanyikannya. Itu adalah sebuah momen yang emosional dan penuh haru. Namun, seorang Mesut Oezil ternyata tidak berpendapat demikian.

Dalam setiap pertandingan Tim Nasional Jerman, ketika lagu kebangsaan mulai didendangkan, seorang Mesut Oezil jarang sekali bernyanyi. Begitupun dengan nama-nama lain seperti Sami Khedira ataupun Jerome Boateng. Dalam ajang Piala Dunia 2010, ada sebuah momen ketika Oezil, Khedira, dan Boateng tidak menyanyikan lagu kebangsaan Jerman.



Kebiasaan seorang Mesut Oezil ini ternyata menimbulkan kontroversi. Salah seorang petinggi AfD (Alternative for Germany), Frauke Petry, mengatakan bahwa hal ini sangat disayangkan dan mencerminkan hal yang buruk bagi generasi yang akan datang.

"Sangat disayangkan bahwa seorang Mesut Oezil, pria yang dikenal luas oleh anak-anak dan generasi muda, tidak menyanyikan lagu kebangsaan saat Tim Nasional Jerman bertanding. Ia memberikan contoh yang buruk bagi masyarakat," ujar Frauke seperti dilansir Eurosport.

Bukan hanya mengkritisi masalah Oezil yang tidak menyanyikan lagu kebangsaan, Frauke juga mengkritik Oezil yang memposting foto-foto dirinya yang sedang melaksanakan umrah ke Mekah. Ia mengatakan bahwa itu adalah bagian dari propaganda politik yang sedang ia lakukan.

"Anda bisa menanyakan sendiri kepada Oezil apakah ia akan membuat sebuah pernyataan politik perihal kunjungannya ke Mekah atau tidak," ujarnya seperti dilansir Daily Express.

"Ia tidak hidup berdasarkan Sharia (syari`at agama Islam). Toh, wanita yang kerap bersama dengan dirinya pun (pasangan nya) tidak pernah mengenakan kerudung (jilbab) dalam keseharian nya," tambahnya.

Foto Mesut Oezil sedang umroh yang mengundang kritikan dari AfD (foto: @MesutOzil1088)

Menanggapi kasus yang sedang berhembus ini, Mesut Oezil belum memberikan tanggapan sama sekali. Dilansir dari majalah Der Spiegel, saat seorang pemain tidak menyanyikan lagu kebangsaan, itu adalah hal yang wajar. Belum lagi Jerman banyak diisi pemain-pemain keturunan dari negara lain.

Oezil sendiri sekarang sedang fokus bersama Tim Nasional Jerman yang akan bertempur dalam ajang Piala Eropa 2016. Jerman akan berada satu grup dengan Polandia, Ukraina, dan Irlandia Utara dalam grup C.

ed : ar

foto: en.qantara.de

Komentar