Aston Villa Resmi Dibeli Pengusaha Asal Tiongkok

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Aston Villa Resmi Dibeli Pengusaha Asal Tiongkok

Degradasi jelas suatu hal yang begitu dihindari oleh pemilik kesebelasan divisi utama. Sebab, selain karena faktor kebanggaan memiliki kesebelasan divisi utama, degradasi juga jelas menurunkan pemasukan bagi klub dan juga sang pemilik.

Kenyataan tersebut tampaknya juga dirasakan oleh pemilik Aston Villa FC, Randy Lerner, yang secara resmi meninggalkan kesebelasan tersebut pada Rabu (18/5) malam WIB. Kursinya di pucuk pimpinan kesebelasan asal Birmingham tersebut digantikan oleh pengusaha asal Tiongkok, Tony Jiantong Xia.

Pergantian ini diumumkan lewat situs resmi Aston Villa dalam artikel berjudul:"Pernyataan Kesebelasan: Konfirmasi Penjualan". Dalam pengumuman tersebut, disebutkan bahwa dalam beberapa hari ke depan, Xia akan mulai mengisi jabatan tersebut, serta menunjuk manajer untuk membawa Villa melakoni pertandingan di Divisi Championship.

“Aston Villa dengan bangga mengumumkan bahwa telah ada kesepakatan mengenai pembelian 100% kepemilikan kesebelasan dari Randy Lerner ke Recon Group yang dimiliki oleh Tony Jiantong Xia. Berkaitan dengan ini, dalam beberapa hari ke depan Dr. Xia akan memimpin kesebelasan ini, diikuti dengan penunjukkan manajer baru.”

Recon Group milik Xia sendiri adalah salah satu grup perusahaan di kawasan Asia Timur. Menurut situs resminya, Recon Group diketahui bergerak di bidang informasi dan teknologi, kesehatan, energi terbarukan, desain dan teknik bangunan, serta olahraga dan pariwisata.

Kepemilikan Lerner bersama Villa memang sudah terhitung lama. Ia sendiri datang ke Villa Park pada 2006 usai membeli kesebelasan ini seharga 62,6 juta poundsterling dari empat pemilik saham mayoritas.

Delapan tahun berinvestasi di sepakbola, Lerner ternyata harus menelan ludah karena tidak mendapatkan keuntungan yang begitu besar. Musim 2014, ia diisukan mulai menawarkan Villa ke beberapa pengusaha besar. Tapi dari peminat yang sedikit tidak ada yang lolos dalam tes kelayakan dan kepatutan.

Isu ini muncul dikarenakan ia sudah tidak sanggup menanggung biaya operasional Villa yang terhitung lumayan besar. Lerner mulai menemukan banyak tawaran usai Villa lolos ke final FA Cup musim lalu.

Tawaran tersebut berbanding lurus dengan keinginan para pendukung Villa untuk menggulingkan Lerner pada awal musim 2015/2016. Pendukung Villa kecewa karena tidak ada nama besar yang didatangkan. Keinginan tersebut kian besar saat Villa resmi terdegradasi dan punya utang pembelian pemain ke beberapa kesebelasan.

Dr. Xia diketahui mulai intens memberikan penawaran pada akhir April lalu. Penawaran Xia akhirnya berbuah hasil mana kala ia lolos dalam tes yang dilakukan oleh board kesebelasan serta Football League.

Menurut Mirror, Dr. Xia diketahui memiliki kedekatan dengan sepakbola. Pasalnya, selama ini ia diketahui sebagai penggemar sepakbola. Selama berkuliah, ia sempat menghabiskan waktu luangnya dengan bermain sepakbola sebagai striker. Selain itu, ia juga kerap menonton pertandingan Villa saat mengikuti pertukaran pelajar di Oxford University beberapa tahun lalu. Semoga saja, para penggemar Villa mendapatkan sosok pemilik yang tepat yang benar-benar mencintai klub dalam diri Dr. Xia. Selamat!

ed: fva

Komentar