Kejutan-Kejutan di Daftar Pemain Prancis untuk Piala Eropa 2016

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kejutan-Kejutan di Daftar Pemain Prancis untuk Piala Eropa 2016

Ucapan mengenai akan munculnya kejutan dalam Timnas Prancis untuk Piala Eropa 2016 akhirnya terjadi. Jumat (13/5) dini hari WIB, pelatih Prancis, Didier Deschamps, mengumumkan 23 nama yang akan memperkuat kesebelasannya di turnamen akbar Eropa tersebut.

Seperti Timnas Brazil yang tidak menyertakan beberapa bintangnya di Copa America Centenario, Prancis nyatanya juga tidak menyertakan beberapa pemain bintangnya di Piala Eropa 2016.

Kejutan terbesar untuk kesebelasan ini tentu saja adalah resmi tidak masuknya tiga pemain yang tersandung kasus rekaman seks, yang di antaranya adalah Karim Benzema, Hatem Ben Arfa, dan Mathieu Valbuena. Nama Benzema memang sudah diprediksi tidak akan tampil sejak lama, tapi bagi Ben Arfa dan Valbuena, hal ini tentu benar-benar mengagetkan.

Ben Arfa yang musim ini memperkuat OGC Nice menjadi salah satu nama yang diinginkan bermain oleh beberapa eks pemain Timnas Prancis. Nice yang akhir musim lalu berada di peringkat 11, kini hingga pekan ke-37 berhasil dibawa Ben Arfa melaju hingga peringkat empat. Mereka bahkan masih memiliki kesempatan untuk bermain di Liga Champions untuk kali pertama dalam 56 tahun terakhir.

Deschamps sendiri mengatakan bahwa Ben Arfa tidak dipilih bukan karena ia bermain kurang maksimal musim ini, tapi karena ada banyak pesaing yang juga tampil baik. Oleh karena itu, ia memasukkan nama Ben Arfa ke dalam daftar pemain cadangan.

“Hatem (Ben Arfa) memiliki musim yang sangat baik, tapi dia bukan satu-satunya pemain yang berada di posisi tersebut. Tugas saya tidak hanya memilih 23 pemain terbaik di setiap posisi, tapi juga memilih pemain yang bisa bekerjasama di turnamen ini,” ujar Deschamps seperti dikutip dari Lequipe.

Selain Ben Arfa, absennya Valbuena juga terbilang mengagetkan. Pemain yang sudah mengoleksi 52 caps di Timnas Prancis ini mengaku tidak tahu alasan di balik dicoretnya ia dari daftar pemain yang sudah dirilis Deschamps.

“Saya sudah pasti tidak akan memperkuat tim ini (Prancis) di Piala Eropa. Saya sendiri tidak mengetahui alasannya, dan yang jelas ini membuat saya begitu kecewa,” ucap Valbuena.

Kejutan lain yang dari daftar pemain ini adalah tidak dipanggilnya Alexandre Lacazette dan Kevin Gameiro. Padahal kedua pemain ini mempunyai koleksi gol di liga masing-masing lebih banyak ketimbang Oliver Giroud yang tetap menjadi pilihan utama Deschamps di lini depan. Meski demikian, Lacazette dan Gameiro masih diberi kesempatan oleh Deschamps dengan masuk daftar pemain cadangan.

Deschamps sendiri tidak hanya merilis 23 nama yang akan memperkuat timnya, tapi juga merilis delapan nama di daftar pemain cadangan. Selain Ben Arfa, gelandang PSG yang bermain bagus musim ini, Adrien Rabiot, dan pemain Lyon, Samuel Umtiti, masuk daftar tersebut. Gelandang Manchester United, Morgan Schneiderlin, pun masuk dalam daftar ini.

Kiper: Hugo Lloris (Tottenham), Steve Mandanda (Marseille), Benoit Costil (Rennes)

Bek: Raphael Varane (Real Madrid), Laurent Koscielny (Arsenal), Eliaquim Mangala (Manchester City), Jeremy Mathieu (Barcelona), Patrice Evra (Juventus), Bacary Sagna (Manchester City), Christophe Jallet (Lyon), Lucas Digne (Roma)

Gelandang: Paul Pogba (Juventus), Blaise Matuidi (PSG), Lassana Diarra (Marseille), N`Golo Kante (Leicester), Yohan Cabaye (Crystal Palace), Moussa Sissoko (Newcastle)

Penyerang: Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Dimitri Payet (West Ham), Anthony Martial (Manchester United), Kingsley Coman (Bayer Munich), Olivier Giroud (Arsenal), Andre-Pierre Gignac (Tigres)

Cadangan: Alphonse Areola (Villarreal), Hatem Ben Arfa (Nice), Kevin Gameiro (Sevilla), Alexandre Lacazette (Lyon), Adrien Rabiot (PSG), Morgan Schneiderlin (Manchester United), Djibril Sidibe (Lille), Samuel Umtiti (Lyon)

Komentar