Insiden Pelemparan Bus Pemain yang Menunda Kick-Off Laga United vs West Ham

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Insiden Pelemparan Bus Pemain yang Menunda Kick-Off Laga United vs West Ham

Laga antara West Ham dan Manchester United menjadi sangat menentukan. Pasalnya raihan kemenangan akan berpengaruh besar terkait kepastian kedua tim untuk berlaga di Eropa musim depan.

Sebelum laga dimulai, terjadi sebuah kejadian yang tidak terduga. Kick-off pertandingan yang seharusnya dimulai pada pukul 7.45 sore waktu Inggris, atau pukul 1.45 pagi waktu Indonesia, akhirnya mundur selama 45 menit. Kick-off pertandingan baru dilangsungkan pada 08.30 waktu Inggris atau 02.30 WIB.

Ternyata penyebab mundurnya kick-off pertandingan tersebut adalah terjadinya insiden pelemparan terhadap bus yang ditumpangi oleh pemain dan tim pelatih Manchester United ketika akan mendekati stadion Upton Park/Boleyn Ground yang menjadi tempat berlangsungnya pertandingan. Pelaku diduga adalah para penggemar dari kubu tuan rumah, West Ham United.

Banyak sekali benda yang kemudian dilemparkan ke arah bus yang mengangkut Wayne Rooney dan kawan-kawan tersebut. Mulai dari botol-botol hingga kaleng. Dari banyak gambar yang tersebar di media sosial, tampak bagian atas depan dari bus yang ditumpangi oleh skuat Manchester United tersebut mengalami kerusakan

Kejadian ini juga dikonfirmasi melalui pernyataan resmi dari Kepolisian Metropolitan London yang menyebutkan bahwa ada insiden pelemparan. Meskipun tidak ada korban jiwa, setidaknya ada dua orang yang mengalami luka ringan.

"Kami mengumumkan bahwa terjadi insiden pelemparan terhadap bus yang ditumpangi oleh (skuat) Manchester United sore ini" tulis Kepolisian Metropolitan London dalam pernyataan resminya seperti yang dikutip dari ESPN FC. "Setidaknya ada dua korban yang mengalami luka ringan, yaitu seorang anggota kepolisian dan satu dari warga sipil. Tidak akan ada penahanan, karena sudah ada tindakan tertentu dari kepolisian terkait hal ini."

Menanggapi kejadian ini, kapten kesebelasan Manchester United Wayne Rooney berujar bahwa ada yang terkenal lemparan. Ia juga beranggapan bahwa kubu West Ham akan kecewa terkait tindakan yang dilakukan oleh para penggemarnya.

"Salah satu dari tim pelatih terkena lemparan. Namun kami harus tetap datang dan bersiap untuk bermain. Bukan tempatnya untuk saya berbicara. Tetapi yang pasti West Ham akan kecewa dengan apa yang sudah dilakukan oleh suporternya," ujar pemain berusia 30 tahun tersebut.

Namun reaksi berbeda justru muncul dari kubu West Ham. Co-chairman West Ham, David Sullivan justru kecewa dengan keputusan panitia pelaksana pertandingan yang mengabulkan permintaan United untuk menunda kick-off. Sullivan juga menyangkal bahwa telah terjadi insiden pelemparan.

"Mereka (United) punya banyak cara lain agar tiba ke Stadion. Keterlambatan mereka membuat tidak semua penonton bisa menyaksikan apa yang terjadi setelah pertandingan usai. Mereka seharusnya bisa tiba di sini pada pukul 4 (pukul 10 waktu Indonesia). Ini sama seperti yang terjadi ketika mereka bertanding melawan Spurs sebelumnya."

"Ada keributan yang terjadi di jalan (menuju stadion), dan mereka tidak bisa membawa masuk tim pelatih mereka. Tidak ada pelemparan kepada pelatih mereka. Anda bisa cek kembali apakah ada sesuatu yang terjadi kepada tim pelatih mereka?" pungkas Sullivan.

Yang pasti ini menjadi salah satu kejadian yang muncul di hari yang tidak hanya penting tetapi juga bersejarah. Insiden pelemparan bus ini tentunya mengingatkan kita kepada apa yang terjadi dengan hooliganisme yang terjadi di Inggris di era 80 hingga 90-an. Atau...yang sangat sering terjadi di Indonesia dalam tahun-tahun belakangan ini.

Dan nyatanya insiden pelemparan bus tersebut tidak membuat penggawa United ketakutan atau panik. Beberapa justru membuat video heboh seperti yang dilakukan oleh winger muda, Jesse Lingard. Atau seperti bek Chris Smalling yang memilih untuk mengabadikan insiden pelemparan tersebut melalui ponsel pribadinya. Entah ada hubungannya atau tidak, meski begitu Setan Merah tetap saja menelan kekalahan 3-2 dari tuan rumah.

Foto : metro

Komentar