Kejengahan Suporter Everton dan Kabar tentang Joachim Loew

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Kejengahan Suporter Everton dan Kabar tentang Joachim Loew

Suara-suara mengenai pemecatan Roberto Martinez mulai terdengar kencang. Prestasi Everton yang tak kunjung membaik pada musim ini, juga kelakuan Martinez yang kerap kali berdelusi tentang timnya yang masih harus banyak belajar, membuat para suporter Everton mulai jengah dengan keadaan di Goodison Park. Seperti halnya suporter Arsenal yang meminta agar segera diadakan perubahan dalam tubuh Arsenal dengan memecat Arsene Wenger, para suporter The Toffees pun menyuarakan hal yang sama.

Hal ini terlihat dalam sebuah layar besar yang berada di Goodison Park. Sebelum pertandingan melawan Bournemouth beberapa waktu lalu, layar ini menayangkan cuitan-cuitan dari para suporter Everton. Ternyata, semua cuitan itu berisikan tentang suara mereka agar manajemen segera memecat Martinez.

Bersamaan dengan ketidakpuasan semua suporter Everton atas kinerja Martinez ini, sebuah kabar mengejutkan datang dari tanah Jerman. Pelatih Tim Nasional Jerman yang berhasil mengantarkan Jerman menjadi juara dunia 2014, Joachim Loew, dikabarkan berpeluang untuk menjadi manajer Everton musim depan.

Meski sudah menandatangani kontrak jangka panjang bersama Die Mannschaft, Loew tetap memiliki kesempatan untuk melatih klub dalam sebuah liga sesuai dengan klausul yang ada dalam kontraknya bersama Tim Nasional Jerman. Namun, opsi melatih Everton ini hanya opsi kedua yang akan diambil jikalau Loew nanti melatih Everton, karena, sesuai dengan klausul yang ia buat dengan pihak timnas Jerman. Loew hanya diizinkan keluar untuk melatih klub besar, setidaknya klub yang berlaga dalam kompetisi Liga Champions Eropa.

Loew sendiri akan bersaing dengan manajer-manajer lain yang juga diisukan akan melatih Everton, yaitu Manuel Pellegrini dan David Moyes. Kalau memang target Everton adalah untuk masuk zona Liga Champions Eropa, maka nama Loew dan Pellegrini cukup menjadi sebuah jaminan bagi klub yang berada satu kota dengan Liverpool ini. Mungkin, satu-satunya masalah yang akan Loew hadapi jika nanti ia melatih Everton adalah masih butanya ia akan peta kekuatan Liga Primer Inggris yang mengharuskan dirinya untuk melakukan adapatasi di Goodison Park.

Sementara itu, di tengah mulai maraknya bursa manajer Everton musim depan, Martinez mengungkapkan bahwa pemilihan manajer akan bergantung kepada kebijakan dari manajemen klub, dan ia hanya bisa pasrah kepada keputusan manajemen akan dirinya untuk musim depan.

"Saya tidak diberikan sebuah indikasi apapun terhadap masa depan saya di Everton. Hal ini bukanlah kuasa saya dan biarkan saja manajemen klub yang menentukan," ujarnya seperti dilansir oleh Daily Express.

Menarik untuk ditunggu kisah dari saga Martinez ini, yang mungkin hampir sama dengan saga van Gaal di Manchester United.

foto: skysports.com

Komentar