Real Madrid Kembali Susah Payah untuk Menang

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Real Madrid Kembali Susah Payah untuk Menang

Real Madrid kembali kesulitan untuk menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan. Setelah pekan lalu hampir saja kalah dari Rayo Vallecano, kali ini giliran Real Sociedad yang membuat Madrid harus menunggu hingga menit-menit akhir untuk meraih kemenangan.

Gol kemenangan Madrid di laga melawan Sociedad dicetak oleh winger asal Wales, Gareth Bale, pada menit 80. Gol ini pun menjadi gol ketiganya dalam dua laga terakhir, sekaligus ketika superstar Madrid, Cristiano Ronaldo, tidak bermain.

Sulitnya Real Madrid meraih tiga angka di laga ini memang sudah sedikit diprediksi. Alasannya beberapa pilar seperti Marcelo, Toni Kroos, Ronaldo, dan Karim Benzema tidak bermain di laga ini.

Meski tanpa beberapa pilar tersebut Madrid justru tampil baik saat membangun serangan. Kegagalan mereka mencetak gol di laga ini disebabkan oleh buruknya penyelesaian akhir tim dan penampilan apik kiper tuan rumah, Jeronimo Rulli.

Ambisi untuk terus bersaing dengan Atletico Madrid dan Barcelona dalam perebutan gelar juara La Liga membuat Los Galacticos panas dari menit-menit awal. Bale yang dipasang sedikit maju di sisi pertahanan Sociedad membuka peluang Madrid di menit empat.

Memanfaatkan umpan terobosan James Rodriguez, Bale yang kosong di sebelah kiri melakukan sebuah tembakan. Namun sayang, tembakan Bale masih mengarah ke kanan Rulli.

Di menit delapan, giliran James yang membuat peluang. Di awali oleh umpan jauh Luka Modric dari tengah lapangan, Lucas Vazquez yang berhasil lepas dari jebakan offside memberikan bola ke arah James. Meski hanya tinggal berhadapan dengan kiper, tembakan James gagal menjadi gol lantaran berhasil di-tip oleh Rulli. Babak pertama pun berakhir imbang dengan skor 0-0.

Di babak kedua, Madrid tidak menurunkan intensitas serangan mereka. Hal yang sama juga ditunjukkan oleh Rulli yang performanya sama sekali tidak menurun.

Peluang emas Madrid tercipta pada menit 57. Di awali oleh aksi individu James di sisi kanan daerah permainan Sociedad, pemain tuan rumah gagal melakukan clearance dengan baik. Bola liar pun disambar oleh Bale. Meski demikian, sepakan Bale gagal menjadi gol setelah ditepis oleh Rulli menggunakan kaki kanannya.

Serangan tidak ada habisnya a la Madrid akhirnya berbuah menjadi gol. Di menit 80, Vazquez mengirim umpan silang ke tiang dekat Sociedad, Bale yang tidak dijaga berhasil menyundul bola dan mengarahkannya ke sisi kiri Rulli. Skor 0-1 pun berakhir hingga laga usai.

Usai laga, Zidane memuji Bale yang mencetak gol kemenangan. Tapi menurutnya, seluruh anak asuhnya pun terus menunjukkan semangat untuk menyudahi La Liga sebagai juara.

“Saya sangat senang dengan penampilan Bale (malam ini), meski ia sempat memiliki masalah dengan cedera di musim ini,” ujar Zidane. “Menjelang akhir musim, Gareth semakin menunjukkan bahwa ia adalah pemain penting. Contohnya adalah gol penting yang ia buat di laga ini.”

“Tim ini tahu bahwa mereka harus berjuang hingga menit-menit akhir. Saya cukup senang dengan apa yang mereka lakukan dan kembali mendapatkan tiga angka,” tutup Zidane.

Dengan kemenangan ini, Madrid kembali sempat memuncaki klasemen La Liga. Namun posisinya kembali tergeser karena beberapa jam setelahnya Atletico dan Barcelona sama-sama meriah kemenangan yang membuat Real Madrid kembali menempati peringkat ketiga.

Sumber foto: Telegraph

Komentar