Teamtalk Zidane Buat Real Madrid Balikkan Keadaan di Babak Kedua

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Teamtalk Zidane Buat Real Madrid Balikkan Keadaan di Babak Kedua

Ketatnya persaingan untuk mendapatkan gelar juara La Liga terus berlanjut. Hal ini terjadi setelah Real Madrid berhasil mengalahkan Rayo Vallecano dengan skor 2-3 di Campo de Futbol de Vallecas, Sabtu (23/4) malam WIB.

Meski menang, perjuangan Madrid untuk meraih tiga angka di laga ini tidak mudah. Absennya Cristiano Ronaldo pun menjadi salah satu alasan mengapa Madrid kesulitan meraih tiga angka di laga ini, meski mampu melepas 16 tembakan.

Selain absennya Ronaldo, sulitnya Madrid menang di laga ini juga diakibatkan oleh permainan atraktif tim tuan rumah. Pasalnya, meskipun Vallecano merupakan tim papan bawah, tapi mereka berani memainkan permainan terbuka ketika menghadapi tim sekelas Madrid.

Repotnya Madrid meladeni permainan terbuka berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Vallecano di menit ke tujuh. Berawal dari umpan silang di sebelah kanan pertahanan Madrid, Adrian Embarba berhasil mengubah skor menjadi 1-0. Tidak puas dengan hanya menceploskan satu gol, Vallecano menambah keunggulan menjadi 2-0 di menit 14 lewat tembakan Miku di mulut gawang.

Tak ingin pulang dengan tangan hampa, Madrid mulai berinisiatif melakukan serangan. Anak asuh Zinedine Zidane mulai mencoba memanfaatkan pemain tengah Vallecano yang kerap tidak berada di posisinya. Toni Kroos yang di babak pertama diberi peran lebih bertahan sedikit diubah perannya untuk lebih ke tengah.

Selain perubahan Kroos, Madrid juga mengubah gaya bermain kedua sisi sayapnya. Marcelo dan Danilo yang diawal babak pertama, sedikit ditahan untuk mengurangi overlap, diberi kebebasan untuk mengawali serangan.

Pada akhirnya, harapan Madrid pun muncul. Sepakan pojok Kroos pada menit 35, berhasil dimanfaatkan oleh Gareth Bale untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1. Pada akhirnya, skor tersebut menjadi penutup babak pertama.

Entah apa yang diucapkan oleh Zidane di jeda pertandingan. Pasalnya, Madrid bermain luar biasa di babak kedua. Permainan terbuka yang diusung Vallecano pun berhasil mereka manfaatkan. Hasilnya, Lucas Vazquez, yang masuk di babak pertama menggantikan Karim Benzema, mampu membuat skor menjadi imbang 2-2.

Gol Vazquez pun menjadi pemantik Madrid untuk terus menyerang Vallecano. Bale, yang digeser sebagai striker di babak kedua, pada akhirnya mampu menjadi dewa penyelamat Madrid di laga ini. Golnya memanfaatkan kesalahan umpan Embarba pada menit 81 berhasil membuat Los Galacticos mendapatkan tiga poin di laga ini.

Keberhasilan meraih poin penuh dalam laga ini membuat peluang Madrid untuk menjadi juara La Liga tetap terjaga. Kemenangan ini malah membuat Madrid memimpin klasemen sementara La Liga dengan poin 81, namun kembali tersalip karena dua pesaing lainnya, Atletico Madrid dan Barcelona yang bermain kemudian, sama-sama meraih kemenangan.

Komentar