Ratu Inggris Diam-Diam Mendukung Arsenal

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Ratu Inggris Diam-Diam Mendukung Arsenal

Sepakbola sudah menjadi milik semua kalangan. Sepakbola bukan hanya lagi menjadi olahraga milik kaum-kaum tertentu saja. Ia sudah menyentuh segala lapisan masyarakat, baik itu orang biasa, ataupun orang-orang yang memegang kedudukan tinggi dalam pemerintahan di sebuah negara. Contohnya di Indonesia, lazim kita melihat bahwa Presiden Joko Widodo menonton sepakbola, ataupun Ridwan Kamil yang sampai rela terbang ke Palembang hanya untuk mendukung Persib Bandung.

Selain Jokowi dan RK, Francois Hollande, presiden Prancis pun memiliki ketertarikan kepada sepakbola. Dalam kunjungannya ke Argentina beberapa waktu lalu, ia sempat menerima tantangan menendang tendangan penalti, dan berbuah gol, meskipun memang saat itu gawangnya kosong melompong.

Hal yang sama juga terjadi di Inggris sana. Mungkin pada awalnya akan sulit bagi kita membayangkan bagaimana seorang pejabat kerajaan Inggris, atau malah Ratu Inggris, mendukung sebuah kesebelasan yang berlaga di Liga Inggris. Sulit juga membayangkan bagaimana ia tiap minggu berteriak di depan layar kaca, atau kalau sempat, berteriak di dalam stadion saat tim yang ia dukung mencetak gol. Tapi, sebuah sumber dari dalam pemerintahan Inggris mengungkapkan hal tersebut.

Adalah Jeremy Corbyn, ketua dari Partai Buruh yang memberitahukan bahwa sebenarnya Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II, adalah suporter Arsenal FC. Corbyn juga memberitahukan kepada Dewan Perwakilan bahwa para anggotanya yang berbasis di Islington North (basis dari Arsenal juga) percaya kalau kerajaan Inggris "secara pribadi" mendukung Arsenal.

"Tahun 2006 lalu, Ratu sempat diundang untuk menghadiri acara pembukaan Stadion Emirates. Sayang, saat itu Ratu tidak bisa hadir karena beliau mendadak sakit," ujarnya dalam acara ulang tahun ke-90 Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham, seperti dilansir oleh ESPN FC.

"Sekarang, dengan saya mengucapkan ini, saya menyampaikan sebuah fakta yang sudah terikat dengan Arsenal dalam waktu yang lama, bahwa Ratu secara pribadi mendukung Arsenal. Dengan ini, kita, sebagai warga Inggris juga menjadi tahu bahwa Ratu tidak selamanya berbicara tentang politik saja. Ia juga ternyata suka menonton tim sepakbola," tambahnya.

Melihat apa yang dilakukan oleh Ratu Elizabeth II ini, sebenarnya itu adalah hal yang sah-sah saja. Mendukung tim sepakbola seperti halnya khalayak, memberikan dukungan kepada sebuah tim sepakbola seperti halnya warga biasa, Ratu juga berhak untuk melakukan hal itu.

Asal saja, jangan menggunakan sepakbola sebagai alat untuk menguasai massa dan mengarahkan massa kepada suatu ideologi politik tertentu.

Selamat menonton Arsenal, Yang Mulia.

foto: popsugar.com

ed: fva

Komentar