Felipe Scolari Prediksi Conte Akan Kesulitan di Chelsea

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Felipe Scolari Prediksi Conte Akan Kesulitan di Chelsea

Chelsea resmi menunjuk Antonio Conte sebagai manajer baru mereka untuk musim 2016/2017. Kedatangan Conte di Stamford Bridge pun disambut dengan suka cita oleh pendukung Chelsea. Mereka yakin, eks pelatih Juventus ini akan mampu memperbaiki performa tim yang kini tengah anjlok.

Di balik kepindahan Conte ke Chelsea, pasti ada pihak yang punya pendapat berbeda. Hal ini sungguh wajar, mengingat Serie A Italia sangat berbeda dengan Liga Primer Inggris. Dan salah satu pihak yang kecewa dengan keputusan Conte tersebut adalah eks Pelatih Timnas Brasil, Luiz Felipe Scolari.

Scolari yang sudah banyak makan asam garam dalam dunia kepelatihan mengaku bingung dengan keputusan Conte memilih Chelsea. Menurut Scolari, pengalaman melatih Conte di Italia yang sudah cukup baik, belum tentu akan membuatnya meraih sukses di klub milik Roman Abramovich tersebut.

“Anda bisa saja memiliki pengalaman melatih klub besar di dunia, memenangkan kompetisi Eropa dan Piala Dunia. Tetapi saya pikir hal tersebut tidak akan menjamin Conte untuk bisa sukses saat melatih Chelsea,” ujar Scolari kepada The Sun.

“Chelsea dan Liga Primer bukan kompetisi yang mudah. Bahkan seorang pelatih dengan banyak pengalaman, belum tentu akan sukses saat berada di sana (Chelsea dan Liga Primer),” imbuh Scolari.

“Keputusan telah dibuat oleh Conte,” ujar Scolari. “Kini ia harus menerima nasib, bahwa ia musim depan akan berada di kompetisi yang begitu mengandalkan fisik, semangat juang tinggi, dan hasil yang tidak bisa Anda prediksikan.”

Scolari menambahkan, status Chelsea sebagai tim kuat juga sering membuat lawan-lawan mereka tampil semangat saat menghadapi tim asal Stamford Bridge ini. Belum lagi ekspektasi yang tinggi dari petinggi klub diyakini Scolari akan berpengaruh secara mental.

“Conte harus siap dengan tantangan-tantangan tersebut,” tambah Scolari. “Ia harus mulai melupakan rekor-rekor yang telah ia buat selama melatih. Sebab, di Liga Primer hal yang paling penting adalah Anda mampu membuat tren kemenangan.”

Pelatih yang akrab disapa Felipao ini juga menyelipkan sedikit pesan kepada Conte. Ia berkata, “Chelsea memiliki banyak pemain bintang. Jika Anda tidak bisa mengaturnya, hal ini bisa saja menjadi bumerang.”

“Selama saya melatih Chelsea, ada beberapa pemain yang kerap menunjukkan ekspresi tidak setuju atas hal yang telah saya tentukan. Conte mungkin akan sering mendengar, ‘Saya tidak ingin bermain di posisi ini’ atau ‘Mengapa kita bermain dengan taktik ini?” ujar Scolari.

Kendati baru melatih setelah Euro 2016, Conte memang harus waspada mulai sekarang. Pasalnya, apa yang diucapkan oleh Scolari tampaknya memang kenyataan sebenarnya mengenai bagaimana Liga Primer itu.

Tidak hanya itu, Conte juga harus mulai memikirkan cara agar tidak secepat mungkin ditendang dari Stamford Bridge. Alasannya karena Abramovich bukan tipe pemilik klub yang sabar ketika tim-nya dijadikan bulan-bulanan tim lain. Terbaru, Jose Mourinho didepak pada Desember 2015 lalu karena rentetan hasil negatif.

Komentar