Pembalasan Dendam Inter Milan Pada Napoli

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pembalasan Dendam Inter Milan Pada Napoli

Inter terus menjaga momen untuk memasuki zona Liga Champions musim depan. Minggu (17/4) dini hari WIB, anak asuh Roberto Mancini berhasil mengalahkan Napoli 2-0 di Giuseppe Meazza. Dua gol kemenangan Inter dicetak oleh kapten tim, Mauro Icardi, pada menit ke empat dan Marcelo Brozovic di menit 44.

Rapatnya pertahanan Inter membuat Napoli kesulitan mengembangkan permainannya. Hal ini juga dipengaruhi dengan absennya striker utama Napoli, Gonzalo Higuain. Tidak adanya Higuain membuat Napoli harus mencari cara baru untuk mencetak gol.

Inter berhasil unggul cepat di laga ini, ketika pertandingan baru berjalan empat menit. Memaanfaatkan umpan chip Gary Medel, Mauro Icardi yang berhasil lolos dari jebakan offside, menembak bola ke atas Pepe Reina dan berbuah gol.

Gol cepat tersebut membuat Napoli tersengat. Ketidakhadiran Higuain menjadikan Maurizio Sarri memfokuskan serangan Napoli ke sayap yang diisi Lorenzo Insigne dan Jose Callejon. Selain memanfaatkan sayap, Napoli juga langsung aktif dalam memainkan pressing di lini tengah.

Mereka juga aktif menutup pemain Inter yang membawa bola. Upaya tersebut membuat Napoli dapat memanfaatkan semua sisi untuk menyerang Inter. Setelah gol pertama Inter, Napoli bahkan sempat memiliki penguasaan bola hingga 70%.

Taktik Napoli ternyata telah dipahami Mancini. Ia pun menginstruksikan pemain Inter untuk tidak terburu-buru menyerang. Dengan garis pertahanan rendah, ia memilih untuk menunggu Napoli di daerah permainan Inter, terutama di area kotak penalti. Skema umpan panjang pun menjadi cara Inter melancarkan serangan balik.

Berawal dari umpan jauh yang dilepaskan oleh Stevan Jovetic di tengah lapangan, Icardi berhasil lepas dari kawalan Kalidou Koulibaly. Lulusan akademi La Masia ini pun lebih memilih memberikan umpan ke Marcelo Brozovic. Tendangan chip Brozovic pun berhasil masuk ke gawang Reina.

Skor ini pun berlanjut hingga bubaran. Inter berhasil membalaskan dendam mereka atas Napoli pada pertemuan pertama kedua tim November tahun lalu. Tidak hanya itu, Inter juga cukup senang lantaran bisa memperkecil jarak dengan AS Roma yang berada di peringkat ketiga. Usai laga, Mauro Icardi pun mengaku siap untuk terus memberikan kejutan kepada Serigala Ibukota.

"Saya tidak berpikir ini adalah pertandingan terbaik kami musim ini. Yang jelas ini menunjukkan bahwa kami akan terus berjuang di Serie A," ujar pemain 22 tahun ini kepada Football Italia. "Kami bermain buruk di Januari. Tapi hasil ini menunjukkan bahwa kami tim yang bagus."

"Hal terpenting adalah kami bermain baik hari ini. Selain itu, kami juga mendapatkan tiga poin," imbuhnya. "Saya yakin Roma melihat pertandingan ini dan merasa terbebani."

Imbas hasil ini, kini Inter pun memapras jarak dengan AS Roma yang akan memainkan pertandingan ke 33-nya Minggu (17/4). Roma yang berada di peringkat ketiga atau posisi terakhir Liga Champions kini hanya berjarak tiga angka dengan Inter yang berada satu strip di bawahnya.

Di sisi lain, meski Napoli tetap berada di peringkat kedua klasemen sementara, mereka tetap harus khawatir. Pasalnya, 70 poin yang sudah mereka kumpulkan hingga pekan ke 33 bisa semakin jauh dengan Juventus yang berada di posisi pertama. Juventus sendiri baru akan bermain Minggu (17/4) malam WIB.

Komentar