Cédric Bakambu Kendalikan Laju Kapal Selam Kuning

Berita

by redaksi

Cédric Bakambu Kendalikan Laju Kapal Selam Kuning

Villareal berhasil mengalahkan Sparta Praha 2-1 pada perempatfinal Europa League Jumat dini hari tadi (8/4) di Estadio El Madrigal. Dua gol Villareal dicetak oleh Cédric Bakambu, sementara Sparta hanya mampu membalas lewat Jakub Brabec.

Pada laga tersebut Bakambu menciptakan tujuh tembakan, empat umpan kunci serta dua tekel membuat Whoscored memberikan gelar Man of the Match kepadanya. Penampilannya itu seolah melanjutkan tren positifnya di mana sebelumnya pemain asal Republik Demokratik Kongo tersebut memborong dua gol saat skuat berjuluk Kapal Selam Kuning tersebut mengalahkan Leverkusen 2-0.

Dengan brace yang ia lakukan semalam, kini total ia telah mencetak tujuh gol. Menariknya, enam gol yang dilesakannya adalah saat ia berlaga di depan publik Villareal. Hal tersebut mengukuhkan Bakumbu sebagai pencetak gol terbanyak pada laga kandang di ajang Europa League dengan jumlah enam gol.

Pencetak gol terbanyak masih dipegang oleh Aritz Aduriz dengan sembilan gol, sementara Bakambu berada di peringkat kedua bersama penyerang Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang. Ketiga pemain tersebut merupakan kandidat peraih gelar topskor di ajang Liga Europa, pasalnya tim yang mereka bela masih bertahan pada babak perempat final dan berpotensi besar untuk menambah jumlah gol lagi jika lolos ke fase berikutnya.

Meski kalah tenar dibanding kedua saingannya, Bakambu memiliki catatan yang baik dalam akurasi tendangan. Bakumbu memiliki persentase tembakan akurat sebesar 71%, sementara Aduriz 6 % dan Aubameyang hanya 61%.

Kini Bakumbu telah mencetak 19 gol dari semua ajang bersama Villareal dan catatan tersebut adalah yang terbanyak dibanding pemain Villareal yang lain, termasuk Roberto Soldado yang notabene merupakan pemain yang lebih berpengalaman.

Sementara itu tim tuan rumah sebenarnya lebih mendominasi permainan dan unggul atas penguasaan bola sebesar 56%. Selain itu mereka juga mempunyai banyak peluang, yakni dengan 27 tembakan, jumlah yang sangat mencolok bila dibandingkan Sparta Praha yang hanya mampu melakukan delapan tembakan.

Meski menang, entrenador Villareal, Marcelino García Toral, mengungkapkan sedikit kekecewaanya akibat minimnya efektifitas dari tim asuhannya tersebut. Menurutnya, Villareal harusnya bisa mencetak lebih banyak gol.

“Hari ini kita telah melakukannya dengan baik meskipun kita bisa mencetak gol lebih banyak, akan tetapi saya cukup puas dengan permainan kali ini”, ujar Marcelino seperti yang dilansir oleh FourFourTwo. “Untuk lolos dari babak ini kami harus bermain baik di Praha minggu depan, seperti yang telah kita lakukan hari ini.”

Dengan kemenangan tipis tersebut kemungkinan untuk lolos masih belum terbuka lebar, pasalnya Sparta berhasil mencuri satu gol tandang yang tentu akan mempunyai pengaruh signifikan pada leg kedua yang berlangsung di Generali Arena. Laga tersebut tentu bisa menjadi ajang pembuktian bagi Bakambu untuk mencetak gol di laga tandang, dan tak hanya mencetak gol di pada pertandingan yang digelar di Estadio El Madrigal saja.

Foto: pbs.twimg

Komentar