Borussia Dortmund Jalin Kerjasama dengan Suphanburi FC

Berita

by redaksi

Borussia Dortmund Jalin Kerjasama dengan Suphanburi FC

Klub asal Thailand, Suphanburi FC, mengumumkan bahwa klubnya akan menjalin kerjasama dengan klub asal Jerman, Borussia Dortmund. Diumumkan oleh presiden klub, Varawut Silpha-Arca, melalui kerjasama ini, ada harapan bahwa akan ada banyak manfaat yang bisa diterima oleh Suphanburi, dan bisa membantu klub dalam mengembangkan talenta lokal.

Bagi Borussia Dortmund, klub yang juga pernah menjuarai Liga Champions Eropa di musim 1996/1997, kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan sayap Dortmund ke wilayah Asia Tenggara. Hal ini sudah dilakukan oleh klub-klub Liga Primer Inggris macam Arsenal, Liverpool, Manchester United, dan Chelsea. Mereka kerap melakukan uji tanding dengan timnas negara Asia Tenggara macam Thailand, Malaysia, ataupun Indonesia.

Kerjasama antara pihak Suphanburi FC dengan pihak Dortmund ini dilakukan dalam bentuk pengiriman tenaga ahli Dortmund yang bekerja dalam pengembangan akademi Dortmund ke Suphanburi. Melalui kerjasama ini, Silpha-Archa berharap bahwa pengembangan akademi yang sekarang sedang dilakukan Suphanburi akan berjalan dengan baik dengan bantuan tenaga ahli dari Dortmund.

"Dari proses kerjasama ini, saya berharap akan ada sebuah produk yang dihasilkan berupa cara bagaimana mengembangkan akademi dengan baik. Kami juga telah menjalin kerjasama dengan Yokomaha Marinos dari Jepang dalam masalah pengembangan akademi, dan semoga ilmu kami akan semakin bertambah dengan kerjasama yang dijalin dengan pihak Borussia Dortmund," ujarnya seperti dilansir oleh ESPN FC.

"Pemain hasil binaan akademi adalah sumber daya yang baik bagi Suphanburi. Oleh karena itu, kami ingin belajar bagaimana cara mengembangkannya dari Borussia Dortmund," tambahnya.

Borussia Dortmund dikenal sebagai salah satu klub Jerman yang sangat baik dalam pengembangan pemain muda, selain tentunya Schalke o4 yang sudah terkenal akan Knappenschmiede-nya. Pemain-pemain seperti Marco Reus dan Mario Goetze, sekarang sudah menjadi bagian dari timnas Jerman yang kemarin menjuarai Piala Dunia 2014. Dortmund juga adalah tim yang berhasil melaju ke babak final Liga Champions Eropa musim 2012/2013 sebelum ditaklukkan oleh Bayern Muenchen di final dengan skor 2-1.

Lewat kerjasama denga salah satu klub besar Jerman dan Eropa ini, dapat dilihat bahwa Silpha-Archa ingin menjadikan Suphanburi FC sebagai salah satu klub terbaik di Thailand. Hal ini juga dapat menjadi cerminan bahwa negara-negara Asia Tenggara sedang meningkatkan level permainan sepakbolanya, minimal agar kuat untuk bersaing di level Asia. Suphanburi FC sudah mulai melakukan hal ini dengan menjalin kerja sama dengan Dortmund. Bukan tidak mungkin, langkah ini akan diikuti pula oleh klub Asia Tenggara lainnya.

(sf/arn)

foto: espnfc.com

Komentar