Lima Pemain Meninggal Karena Kecelakaan, Divisi Tiga Polandia Terganggu

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Lima Pemain Meninggal Karena Kecelakaan, Divisi Tiga Polandia Terganggu

Tragedi mengerikan kembali terjadi dalam dunia sepakbola. Setelah pekan lalu sebuah stadion di Irak dijatuhi bom saat menggelar perayaan sepakbola lokal, kali ini giliran mobil yang berisi pemain tim divisi tiga Polandia, Wolczanka Wolka Pelkinska FC, yang akan mengunjungi kandang Avia Swidnik, mengalami kecelakaan parah dengan sebuah truk pada Sabtu (26/3) lalu,.

Dampak kecelakaan tersebut cukup besar, mengingat dari enam orang yang berada di mobil, lima orang di antaranya menjadi korban meninggal dunia, di antaranya penjaga gawang utama Patryk Szewczak (18), Kamil Pydych (22),  Rafael Pydych (27), Mariusz Korzepa (25), dan Kamil Oslizlo (29). Akibat meninggalnya lima pemain Wolczanka, pertandingan antara Avia dan Wolczanka yang sedianya digelar Rabu (30/3) kemarin WIB harus ditunda.

Kejadian ini secara tidak langsung mengakibatkan trauma yang cukup mendalam bagi semua orang di dalam Wolczanka Wolka Pelkinska, terutama pemain.

“Pemain jelas mengalami trauma yang cukup mendalam akibat kejadiaan ini. Saya juga perlu bicara dengan para pemain, sebab mereka yang menentukan kelanjutan kami. Jika mereka berkata tetap ingin bermain, jelas ini merupakan bentuk penghormatan bagi rekan mereka yang telah meninggal,” ujar Oiler Stanislaw, Presiden Wolczanka Wolka Pelkinska FC.

Kehilangan yang dirasakan oleh segenap warga di Wolczanka nyatanya disikapi berbeda oleh pihak penyelenggara kompetisi. Federasi sepakbola Polandia, PZPN, mengaku kompetisi harus tetap berjalan mengingat tenggat waktu cukup terbatas.

“Waktu yang kami miliki untuk menyelenggarakan kompetisi ini terbatas, kami tetap teguh untuk tetap melangsungkan pertandingan Wolczanka Wolka Pelkinska yang sedianya digelar pada 9 April. Meski demikian, kami memberikan sedikit kemudahan kepada Wolczanka untuk persoalan siapa yang bermain,” ujar Konrad Krzyszkowski kepada dziennikwschodni.pl

“Semua catatan akumulasi pemain yang diterima oleh Wolczanka, akan kami coba untuk dihapuskan. Mengingat aturan mengenai hal ini adalah kewenangan PZPN, terutama bagian peraturan,” tambah Krzyszkowski. “Yang jelas, pertandingan terdekat Wolczanka, yakni melawan Orl?tami Radzy? Podlaski yang sedianya akan digelar 3 April, akan kami tunda demi menghormati korban meninggal.”

Krisis pemain yang dialami oleh Wolczanka pun direspons oleh berbagai pihak. Anggota parlemen Polandia, Mieczys?aw Golba, mengatakan ia berencana melakukan pertemuan dengan anggota parlemen untuk mencari jalan keluar bagi Wolczanka. Di sisi lain, beberapa perwakilan klub III Liga Polandia berencana akan membantu Wolczanka dengan mengirim beberapa pemain untuk dipinjamkan ke Wolczanka hingga bursa transfer Juni 2016 nanti.

ed: fva

Komentar