Piala Eropa 2016, Persaingan Terakhir Iker Casillas dengan David de Gea?

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Piala Eropa 2016, Persaingan Terakhir Iker Casillas dengan David de Gea?

Sudah menjadi kiper utama untuk kesebelasan negara Spanyol selama lebih dari satu dekade, Iker Casillas kini mendapatkan pesaing kuat. Kiper Manchester United, David de Gea, diyakini akan menggeser posisi seniornya tersebut, bahkan akan menjadi kiper utama Spanyol di Piala Eropa 2016 mendatang.

Belum bisa dipastikan siapa yang nantinya dipilih oleh pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, sebagai kiper utama, karena dalam dua tahun terakhir Del Bosque selalu merotasi keduanya. Belakangan De Gea terbilang lebih sering mendapatkan waktu bermain, termasuk ketika bermain imbang dengan Italia akhir pekan lalu.

Casillas yang kembali diturunkan saat Spanyol berhadapan dengan Rumania Selasa (29/3) kemarin, menyatakan kepada radio El Larguero, jika ia sadar akan adanya persaingan ketat untuk menjadi kiper utama kesebelasan negara Spanyol. Ia juga menambahkan bahwa fenomena ini mungkin hanya terjadi di negaranya saja.

"Saya saat ini hampir berusia 35 tahun, sementara De Gea baru mencapai usia 25 tahun," ujar Casillas. "Ia (De Gea) memiliki segalanya di depan sana, ia masih memiliki waktu yang sangat panjang. Itulah hal yang ia miliki sedangkan saya tidak. Sesuatu yang terbalik, vice versa. Menjadi sebuah kemewahan tersendiri ketika memiliki penjaga gawang seperti De Gea.”

“Kesebelasan negara lain mungkin tidak memiliki kompetisi yang serupa. Kami di Spanyol memiliki kiper-kiper hebat. (Selain saya, dan De Gea) ada Sergio Rico, dan Adrian. Saya pikir bahkan Buffon tidak memiliki kompetisi seperti ini di Italia.”

Dalam kesempatan yang sama Casillas juga membahas mengenai rekor 101 cleansheets-nya di pentas internasional yang dibuatnya. Rekor ini menjadi yang tertinggi di Eropa. Casillas menyatakan jika ia menyadari statistik yang dibuatnya, tetapi ia juga menyadari bahwa waktunya di Timnas Spanyol sudah dekat dengan waktu pensiun.

"Rekor tersebut menandakan bahwa saya masih memiliki sesuatu yang bisa saya berikan untuk tim. Meskipun demikian saya sadar waktu saya bersama Spanyol semakin sedikit. Tidak lima, tiga atau dua tahun lagi. Bahkan tidak satu tahun."

"Ada yang harus dilihat melalui sudut pandang yang berbeda. Anda harus jujur kepada diri Anda sendiri. Saya sudah 16 tahun menjadi kiper utama Spanyol, dan saya harus memikirkan hal yang lain. Saya tidak tahu apakan saya akan pensiun tahun ini atau tahu depan sekalipun. Akan ada waktunya untuk saya membuat keputusan." pungkas Casillas.

Sumber : ESPN FC, El Larguero

ed: fva

Komentar