Serba-serbi Kualifikasi Piala Afrika: Debut Mengecewakan Abel Xavier Hingga Kemenangan Pertama Pantai Gading

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Serba-serbi Kualifikasi Piala Afrika: Debut Mengecewakan Abel Xavier Hingga Kemenangan Pertama Pantai Gading

Kualifikasi Piala Afrika 2017 berlanjut mulai pekan ini. Beberapa pertandingan yang terjadi pada Jumat (25/3) hingga Sabtu (26/3) menyajikan beberapa fakta menarik. Di antaranya Kepulauan Komoro yang berhasil meraih kemenangan perdana, hingga debut mengecewakan eks bek Liverpool, Abel Xavier, yang kini menjadi juru taktik Mozambique.

Kepulauan Komoro mencuri perhatian dalam kualifikasi Piala Afrika 2017 yang jatuh pada pekan ini. Kemenangan Kepulauan Komoro atas Botswana dengan skor 1-0 di Grup D, menjadi rekor bersejarah bagi negara yang berada di Afrika Tenggara ini. Gol Ben Mohamed ini memutus rentetan tidak pernah menang Kep. Komoro yang berlangsung sejak 2007, ketika mereka mengalahkan Madagaskar dengan skor 6-2.

Di sisi lain, Abel Xavier mencatatkan kekalahan pada debutnya sebagai pelatih Mozambique. Bermain di Accra menghadapi Ghana dalam lanjutan Grup H, anak asuh Xavier terpaksa mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 1-3. Tiga gol dari Frank Acheampong, John Boye, dan Jordan Ayew, yang hanya dibalas Apson Manjate, membuat Mozambique menjadi satu-satunya negara yang belum pernah meraih kemenangan di Grup H.

Di Kaduna, tuan rumah Nigeria hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Mesir, yang memuncaki klasemen sementara Grup G. Nigeria sempat unggul terlebih dahulu lewat Etebo Oghenekaro sebelum akhirnya disamakan oleh Mohamed Salah pada menit ke-90.

Dalam laga Nigeria menghadapi Mesir disebut premiumtimesng.com menjadi pertandingan paling ramai dalam kualifikasi Piala Afrika pekan ini. Bagaimana tidak? Sebanyak 40.000 ribu penonton memenuhi Ahmadu Bello Stadium, yang sebenarnya berkapasitas 25.000 ribu penonton. Membludaknya jumlah penonton hingga sentelban dikabarkan membuat CAF menimbang untuk memberikan sanksi.

Juara bertahan Piala Afrika, Pantai Gading, akhirnya meraih poin penuh pada laga keduanya di Grup I. Bermain di Abidjan, Les Éléphants yang mengandalkan beberapa pemain bintang seperti Yaya Toure, Gervinho, Salomon Kalou, dan Eric Bailly, hanya mampu menang 1-0 dari tamunya Sudan.

Negara bertabur pemain bintang, Aljazair, meneruskan rentetan kemenangan yang mereka miliki di Grup J, setelah berhasil menang 4-0 dari Seychelles dan 1-3 dari Lesotho, Sabtu (26/3) dini hari WIB, Aljazair sukses menggulung tim tamu, Ethiopia, dengan skor 7-1.

Islam Slimani dan Sofianne Feghouli sukses menjadi bintang pada pertandingan ini dengan membuat masing-masing dua gol. Gol lain negara yang berada di Afrika Utara ini dicetak oleh Yacine Brahimi, Saphir Taider, dan Abdelkader Ghezzal, sementara gol balasan Ethiopia dibuat oleh Getaneh Kabede, lima menit sebelum bubar.

ed: fva

Komentar