Belum Ditempati, Kapasitas Stadion Baru West Ham Ditambah

Berita

by redaksi

Belum Ditempati, Kapasitas Stadion Baru West Ham Ditambah

West Ham United, resmi mengumumkan bahwa kapasitas Olympic Stadium, kandang baru mereka, akan ditambah kapasitasnya sebanyak enam ribu kursi.

The Hammers akan meninggalkan Boleyn Ground, kandang lama mereka menuju stadion yang dipakai dalam gelaran Olimpiade 2012 di London pada musim 2016/2017 mendatang. Belum sempat ditempati, namun kapasitas stadion yang mampu menampung 54 ribu penonton akan ditambah menjadi 60 ribu.

Dengan kapasitas ini, maka West Ham akan menyamai Arsenal dalam jumlah kapasitas stadion. Kapasitas ini adalah yang kedua terbesar di seluruh Inggris, di bawah kapasitas stadion Old Trafford milik Manchester United sebanyak 75 ribu.

Sejak tahun lalu, West Ham sudah mengumumkan pemindahan kandang mereka ke stadion yang berada si daerah Stratford tersebut. Penampilan impresif skuat asuhan Slaven Bilic membuat permintaan tiket meningkat, sehingga membuat manajemen klub berinisiatif menambah kapasitas penonton.

Persiapan klub untuk berpindah kandang sudah dimulai sejak bulan ini. Gerbang masuk Stadion Boleyn Ground, yakni John Lyall`Â’s Gate sudah dilepas dari Upton Park dan akan dipasang di Olympic Stadium untuk membawa atmosfer dan memori pendukung ke kandang baru mereka.

Vice-chairman West Ham United, Karren Brady mengatakan bahwa penambahan kapasitas ini merupakan bukti keberhasilan West Ham menunjukkan keberhasilannya.

"Pengumuman ini adalah bukti lebih lanjut dari rute (klub) yang menanjak. Kami berada di jalur untuk menuju penampilan terbaik klub ini di Premier League dan ambisi kami untuk finis di enam besar dan menuju kompetisi Eropa musim depan berada dalam jangkauan yang dekat," ujarnya.

Brady menambahkan,"Penggemar West Ham terkenal di seluruh dunia karena dukungan mereka yang luar biasa. (Dengan ini) mereka menunjukkannya di musim ini dengan (antusiasme) menuju `‘rumah` mereka yang baru. Kami sangat senang untuk bisa memberi penghargaan dukungan yang luar biasa dengan meluncurkan tambahan tiket musiman dan memberikan lebih banyak pengunjung untuk datang ke stadion dan menikmati semua yang ditawarkan (di sana)."

Optimisme Karren Brady terlihat sejalan dengan yang juga dirasakan pendukung yang berharap musim depan akan menjadi luar biasa dengan kehadiran stadion baru yang megah dan berkapasitas besar.

"Musim 2016/2017 akan terlihat cerah bagi tim, klub dan juga fans. Tidak hanya memiliki salah satu stadion baru termegah di dunia, tapi sekarang akan menjadi terbesar di liga yang memiliki penonton paling besar di dunia. Stadion dengan kualitas dan kapasitas yang serasi dengan ambisi kami," tutupnya.

Stadion Olimpiade London merupakan bagian dari kompleks olahraga Queen Elizabeth Olympic Park yang dibangun dalam rangka tuan rumah Olimpiade 2012 lalu. Sempat menjadi polemik karena dianggap menyalahgunakan fasilitas publik menjadi fasilitas privat dan digugat sejumlah klub seperti Tottenham Hotspur dan Leyton Orient pada awal rencana kepindahannya, namun West Ham tetap melaju dan semakin mantap dengan persiapannya berganti stadion.

Manajemen West Ham perlu mengeluarkan kocek sebesar 15 juta Poundsterling dari total 701 juta Poundsterling untuk mengonversi stadion yang awalnya dipergunakan untuk berbagai macam cabang olahraga menjadi stadion dengan kualifikasi sepakbola kategori 4 ini. Pengubahan ini meliputi hampir sebagian besar bagian stadion seperti pergantian atap, sistem penerangan, fasilitas publik dan komersil, juga kursi penonton bagian bawah yang memungkinkan untuk tetap dipakai oleh olahraga atletik.

Klub peraih 3 gelar Piala FA ini akan menyewa stadion yang terletak di komplek olahraga Queen Elizabeth Olympic Park ini selama 99 tahun kedepan.

Nantinya juga, akan diperkenalkan teknologi layar besar High-Definition dengan lebar 83 meter yang mengelilingi eksterior stadion.

Tampaknya merupakan langkah yang tepat bagi West Ham United membangun momentum baik mereka dengan berpindah kandang. Penampilan baik yang diperlihatkan West Ham di musim 2015/2016 ini juga hampir pasti membuat klub London Timur ini berlaga di kompetisi Eropa musim depan di stadion yang canggh dan mampu menampung banyak penonton. Diharapkan West Ham akan membangun era barunya untuk bertransformasi dari klub yo-yo menjadi klub yang rutin finis di zona eropa tiap musimnya.



Foto: skysport

[tr]



ed:fvA

Komentar