Kemungkinan Spanyolisasi Jika Benítez Resmi ke Newcastle

Berita

by redaksi

Kemungkinan Spanyolisasi Jika Benítez Resmi ke Newcastle

Rafael Benitez dikabarkan akan menjadi pelatih baru bagi Newcastle United untuk menggantikan Steve McClaren seperti yang dikabarkan oleh Marca. Sementara itu manajer direktur Newcastle, Lee Charnley juga sudah menginginkan Steve McClaren untuk segera turun dari jabatannya saat klub yang bermarkas St James Park tersebut akan menghadapi Leicester City pekan depan.

Seperti yang diketahui performa Newcastle saat ini sedang dalam kondisi buruk, mereka terdampar di poisi ke-19 dengan raihan 24 poin dari 28 laga. Dengan rincian enam kali kemenangan, enam kali imbang dan 16 kali kalah. Mereka mengumpulkan poin yang sama dengan Nowich City dan terpaut satu poin dengan Sunderland yang berada satu strip di atas zona maut. Dengan hasil tersebut bukan tidak mungkin tim yang peraih gelar juara Liga Inggris sebanyak empat kali tersebut akan terlempar ke Divisi Championship.

Sementara itu Benitez sebelumnya dipecat dari Real Madrid Januari lalu dan kini posisinya di gantikan oleh Zinedine Zidane. Benitez bukan tanpa pengalaman melatih klub Inggris, seperti diketahui mantan pelatih Valencia tersebut pernah membesut Liverpool pada 16 Juni 2004 ketika menggantikan posisi Gérard Houllier. Ia terbilang sukses kala melatih The Reds , setelah membawa Steven Gerrard dan rekan-rekan menjuarai Liga Champions pada musim 2004/2005. Walaupun belum mampu membawa Liverpool meraih gelar juara Liga Primer, namun pelatih berusia 55 tahun tersebut berhasil memboyong Piala FA serta Community Shield.

Menariknya, Benitez semasa melatih Liverpool banyak memboyong pemain Spanyol ke Anfield, padahal kala itu pemain asal negeri matador yang bermain di Liga Primer belum sebanyak sekarang. Tercatat ia telah membawa Luis García, Xabi Alonso, Josemi, Fernando Morientes dan Antonio Núñez di musim pertamanya. Dan semakin bertambah di musim-musim selanjutnya, nama-nama seperti Pepe Reina, Miki Roqué, Alvaro Arbeloa, Antonio Barragán, Mikel San José, Albert Riera, Daniel Ayala, Daniel Pacheco serta Fernando Torres. Total selama enam tahun masa kepelatihannya, ia telah membawa 14 pemain Spanyol ke tanah Inggris.

Sementara kali ini skuat di Newcastle didominasi oleh pemain asal Prancis dan Belanda. Legiun Perancis yang dimiliki The Magpies tercatat sebanyak delapan pemain, termasuk Rémy Cabella dan Florian Thauvin yang dipinjamkan ke Marseille. Sementara itu jumlah pemain berkewarganegaraan Belanda sebanyak lima pemain. Dan hanya seorang pemain yang berasal dari Spanyol, yakni Ayoze Perez.

Bukan tak mungkin semasa kepelatihannya di Newcastle nanti, Benitez akan melakukan Spanyolisasi di tubuh Newcastle. Padahal sebelumnya mereka terkenal sebagai miniatur tim Perancis dan Belanda, dan akan berubah menjadi skuat yang penuh akan matador dalam timnya, layaknya Liverpool dulu. Namun tetap Newcastle harus lolos terlebih dahulu dari zona degradasi di musim ini dan Spanyolisasi baru bisa dilakukan di musim depan.

Foto : madridsports.es

Komentar