Zenit Melawan Benfica, Adu Taktik Antara Pelatih Portugal

Berita

by redaksi

Zenit Melawan Benfica, Adu Taktik Antara Pelatih Portugal

Benfica berpotensi untuk melaju ke babak perempat final Liga Champions. Mereka hanya butuh hasil imbang saat melawat ke markas Zenit Saint Petersburg di Stadion Petrovsky Stadium, Kamis (10/03) dini hari waktu Indonesia. Sebelumnya, Benfica unggul tipis 1-0 saat menjamu Hulk dan rekan-rekannya pada pertemuan leg pertama 16 besar di Estádio da Luz.

Namun untuk mencapai hal tersebut tentu tak mudah, pasalnya Zenit akan bermain di depan pendukungnya sendiri. Selain itu, faktor cuaca akan sedikit berpengaruh bagi Benfica. Situasi tersebut diperkirakan bakal mempengaruhi kondisi fisi para pemain Benfica. Seperti diketahui bahwa Rusia terkenal dengan suhu yang dingin, sementara itu di Portugal tak sedingin negara yang berada di Eropa timur tersebut.

Tapi di satu sisi, Zenit harus kehilangan beberapa pemain intinya. Domenico Criscito dan Javi Garcia terkena suspensi dan Viktor Faizulin masih dibekap cedera. Diperkirakan posisi bek kiri sepeninggal Criscito akan digantikan Alexander Anyukov. Sementara itu beberapa pemain bintang seperti Hulk, Axel Witsel dan Artyom Dzyuba tetap akan menjadi pilihan utama bagi pelatihnya, André Villas-Boas. Sementara itu, kubu Benfica bukan tanpa minus. Mereka juga harus bermain tanpa beberapa pemain kuncinya di lini belakang. Tiga bek tengahnya, Luisao dan Lisandro Lopez, masih menepi akibat cedera dan Jardel yang  mengalami akumulasi kartu.

Menariknya kedua pelatih dari kedua kubu berasal dari Portugal. André Villas-Boas yang kini melatih Zenit merupakan pelatih berkebangsaan Portugal. Sebelumnya ia pernah membawa Porto meraih treble pada musim 2010/2011. Sementara itu Rui Vitória yang menjabat sebagai pelatih Benfica juga berasal dari selecao-nya Eropa tersebut. Pelatih berusia 45 tahun itu sukses membawa Benfica berada di puncak klasemen Liga Portugal sementara dengan mengemas 61 poin dari 25 laga. Maka adu skill antara kedua pelatih asal Portugal itu akan membuat pertandingan semakin menarik.

Benfica yang sedang dalam kepercayaan diri tinggi setelah sukses meraih kemenangan dari derby melawan Sporting Lisbon. Pada laga yang sarat akan gengsi tersebut, pasukan elang berhasil unggul tipis 1-0. Kemenangan tersebut tentu semakin meningkatkan mental Júlio César dan rekan-rekan dalam menapaki Petrovsky Stadium.

Foto : uefa.com

Ed: RAS

Komentar