Modal Positif Fiorentina dalam Lawatan ke White Hart Lane

Berita

by redaksi

Modal Positif Fiorentina dalam Lawatan ke White Hart Lane

Tottenham Hotspur akan melanjutkan kiprah mereka di Europa League ketika akan berhadapan dengan Fiorentina Jum’at (26/2) dini hari. Laga leg kedua tersebut akan berlangsung di Stadion White Hart Lane, Inggris kandang Spurs.

Pada laga leg pertama di Italia pekan lalu, skuat asuhan Mauricio Pochettino ini mampu menahan imbang skuat La Viola dengan skor 1-1. Tim tamu sempat unggul lebih dahulu melalui eksekusi pinalti Nacer Chadli, tapi kemudian disamakan oleh tendangan Federico Bernadeschi.

Delle Ali, gelandang Spurs, yakin bahwa timnya mampu lolos mengatasi perlawanan dari Fiorentina. Dirinya menganggap bahwa Spurs kali ini adalah tim yang percaya diri menghadapi siapapun.

“Kami memiliki tim yang kuat dan juga mental yang kuat dalam tim selain itu juga kami sedang mengalami form yang bagus saat ini, kami sangat percaya diri,” ungkapnya seperti dilansir dari situs resmi UEFA.

Kepercayaan diri Delle Ali memang cukup beralasan. Dengan modal gol tandang yang dimiliki timnya tentunya akan memudahkan langkahnya dalam melaju ke babak selanjutnya. Dengan hasil imbang tanpa gol saja membuat Spurs mampu menyingkirkan Fiorentina.

Selain itu juga fakta bahwa Tottenham Hotspur tidak terkalahkan dalam delapan laga terakhir di Eropa (enam menang dan dua imbang) membuat kepercayaan mereka semakin tinggi. Spurs juga membuktikan bahwa mereka tidak pernah merasakan kekalahan bersama tim asal Italia ketika bermain di London dengan catatan tiga kemenangan dan tiga hasil imbang.

Pertemuan di London ini akan menjadi pertemuan keempat keduanya dalam 15 tahun terakhir. Selain laga pada leg pertama tahun lalu, keduanya sempat menjalankan laga ujicoba pada tahun 2001 dan 2010. Dalam kedua pertandingan tersebut Spurs selalu memenangkan laga tersebut dengan skor 3-0 dan juga 3-2.

Namun skuat Pochettino harus tetap waspada. Pasalnya tren positif mereka ketika sempat mengalahkan Manchester City 1-2 di Stadion Etihad harus kandas juga. Tottenham Hotspurs harus menyerah di tangan Crystal Palace dan tersingkir dari Piala FA pada pekan lalu. Hal ini dapat menjadi batu sandungan bagi pemilik dua gelar UEFA Cup tersebut.

Spurs juga tidak dalam kondisi terbaiknya. Skuat London Utara tersebut harus kehilangan beberapa pemain kuncinya. Jan Verthonghen dan Mousa Dembele mengalami cedera dan kemungkinan tidak akan bertanding. Selain itu juga striker Harry Kane diragukan tampil karena cedera retak tulang hidungnya.

Sadar dengan kondisi yang dapat dimanfaatkan oleh skuatnya, Borja Valero pun angkat bicara. Gelandang Fiorentina ini bertekad untuk memberi sesuatu yang lebih ketika bermain di London nanti.

“Memang menjadi hal yang positif untuk Tottenham untuk mencetak gol tandang, tapi kami bertekad untuk berbuat lebih ketika kami menjalani pertandingan di London,” ungkap Valero seperti dikutip dari situs resmi UEFA.

Fiorentina memiliki modal bagus dalam pertandingan ini karena belum pernah dari enam pertandingan sebelumnya. Saat ini Fiorentina berada di peringkat ketiga dengan selisih enam angka dari pemuncak klasemen.

Selain itu juga La Viola memiliki beberapa pemain yang sempat membela tim Premiere League diantaranya Marcos Alonso (Bolton Wanderers dan Newcastle United), Kalinic (Blackburn Rovers), Giuseppe Rossi (Manchester United dan Newcastle United) dan juga Borja Valero (WBA).

Pemain-pemain tersebut tentunya sudah memahami atmosfer ketika bermain di Inggris dan ditambah juga bahwa Paolo Sousa, Pelatih Fiorentina saat ini pernah menangani beberapa tim di Inggris seperti QPR, Swansea City dan juga Leicester City.

Dalam 11 laga resmi Eropa Fiorentina ketika berhadapan dengan tim-tim asal Inggris juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Catatan enam kemenangan, tiga imbang dan dua kekalahan tentunya menjadi modal tersendiri bagi skuat asuhan Paulo Sousa tersebut dalam menghadapi laga tersebut. Apalagi dengan rekor dua kali kemenangan di Inggris tentunya bisa saja membuat Tottenham Hotspurs harus kembali tersingkir dari ajang ini.

Jarak antara Florence dan London yang sekitar 1200 KM ini tentunya akan tidak akan sebanding dengan jauhnya jarak asa keduanya jika masing-masing tim tidak mampu menunjukan performa terbaiknya dalam gelar Liga Eropa musim ini. Kepercayaan diri Spurs dan determinasi Fiorentina yang dijanjikan keduanya akan menjadi penentu siapa yang akan lolos ke babak selanjutnya

sumber foto : standard.co.uk

(upi)

Komentar