Palermo Angkat Pelatih Keenam, Bersiap untuk Pelatih Ketujuh

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Palermo Angkat Pelatih Keenam, Bersiap untuk Pelatih Ketujuh

Maurizio Zamparini, Presiden Klub Palermo, dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Pasalnya, sosok yang dikenal karena membawa Venezia bangkit ke Serie A lewat kebijakan finansial yang ia terapkan, ia tak henti-hentinya membuat berbagai pihak geleng-geleng kepala. Apalagi kini ia berada di Serie A yang notabene lebih diperhatikan media.

Hal yang paling kentara tentu adalah keputusannya menjual pemain bintang Palermo dalam beberapa tahun terakhir. Para pemain seperti Paulo Dybala, Javier Pastore, Andrea Barzagli, dan Salvatore Sirigu merupakan mantan pemain Palermo, jika tetap dipertahankan, mungkin Palermo akan bisa bersaing di papan atas Serie A.

Tak hanya soal kebijakan menjual pemainnya, ia juga dikenal kontroversial karena seringnya ia mengambil beberapa keputusan yang aneh. Yang paling mengagetkan tentu saja keputusannya mengangkat Gennaro Gattuso sebagai pelatih kepala Palermo 2013. Yang mana alasannya hanya karena ia menyukai gaya bermain Gattuso, meskipun ia menarik ucapannya dan memecat Gattuso tiga bulan kemudian.

Pada musim ini, Zamparini juga tak lepas dari beberapa kontroversi. Kontroversi pertama tentu saja alasannya untuk tetap mempertahankan Davide Ballardini, meskipun hampir semua pemain Palermo tak menyukainya. Keputusannya itupun terbukti salah di mana akhirnya ia memecat Ballardini tak lama kemudian.

“Saya tidak tahu apa yang dipikirkan oleh Maurizio (Zamparini) untuk tak memecat Ballardini. Pasalnya, ia tak melatih dan mengarahkan tentang apa yang harus kami lakukan. Bahkan pada pertandingan melawan Verona, kami bermain dengan cara kami sendiri sebab ia tak melakukan dan mengatakan apapun menjelang pertandingan,” ujar kapten tim, Stefano Sorrentino pada 1 Januari lalu.

Tidak berhenti sampai kasus Ballardini, Kamis kemarin (11/2), Palermo resmi menunjuk Giovanni Bosi sebagai pelatih baru mereka di situs resmi klub. Bosi sendiri merupakan pelatih keenam Palermo pada musim ini.

“Dengan ini saya mengumumkan bahwa pelatih tim junior, Giovanni Bosi, secara resmi menangani tim utama menggantikan peran Giovanni Tedesco yang telah habis masa kontraknya,” ujar Zamparini di situs resmi klub.

Keputusan Zamparini dalam mengangkat Bosi sebagai pelatih pun menjadikan Palermo sebagai tim pertama yang mengangkat enam pelatih dalam satu musim Serie A. Sebelumnya, Palermo telah mengangkat beberapa nama sebagai pelatih, di antaranya Giuseppe Iachini, Davide Ballardini, Fabio Viviani, Giovanni Tedesco, dan Guillermo Barros Schelotto.

Nama terakhir bahkan belum sekalipun memimpin tim secara langsung. Sebab, setelah diangkat sebagai pelatih oleh Zamparini, Schelotto langsung ditolak oleh UEFA. Pasalnya Schelotto belum memiliki lisensi kepelatihan yang memadai. Schelotto akhirnya diangkat menjadi asisten pelatih Palermo sambil menunggu ia mendapatkan lisensi dan pengalaman melatih di tim divisi teratas.

Yang unik dari keputusan Zamparini kali ini adalah, tak diketahui seberapa panjang kontrak yang diberikan Palermo untuk Bosi. Hal ini yang bisa memungkinkan akan adanya pelatih baru, atau pelatih ketujuh Palermo pada musim ini, di mana Fabio Viviani dan Giovanni Tedesco saja menukangi tim tak lebih dari tiga pekan.

Komentar