Zubizarreta: "Barcelona Pernah Menginginkan Ayoze Pérez"

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Zubizarreta:

Banyak pendukung Newcastle United yang bertanya-tanya di awal musim 2014/2015, pasalnya Newcastle mendatangkan pemain berusia 21 tahun dari klub Segunda Division, Tenerife. Kritik bahkan langsung diberikan ke pemilik Newcastle, Mike Ashley. Pasalnya Ashley yang terkenal tak gampang mengeluarkan uang, malah menyetujui transfer pemain yang bernama lengkap Ayoze Perez Gutierrez.

Ayoze langsung membuktikan di lapangan siapa dirinya. Ia mampu mencetak tujuh gol di musim pertamanya di Inggris, yang juga menjadikannya pencetak gol terbanyak kedua di Newcastle. Ayoze yang semusim sebelumnya menjadi peringkat lima pencetak gol terbanyak di  Segunda Division, langsung menjadi salah satu pemain yang dicintai pendukung The Magpies. Kritik yang awalnya mengiringi kedatangan Ayoze pun lama-lama pudar mengingat kontribusi besarnya untuk tim.

Hingga kini, pujian diberikan terus diberikan kepada Graham Carr, kepala pemandu bakat Newcastle, yang menjadi orang paling berpengaruh atas ditemukannya bakat Ayoze.

Tapi, di balik pujian untuk Carr, ada sosok lain yang juga pernah berkeinginan untuk mendapatkan Ayoze kala masih bermain untuk Tenerife, dia adalah eks Direktur Sepakbola Barcelona, Andoni Zubizarreta.

Pria yang dipecat Barcelona pada tahun lalu, ini mengaku bahwa Barcelona telah memperhatikan Ayoze dalam waktu yang tidak sebentar kala bermain untuk Tenerife di Segunda Division.

“Jika diberi pertanyaan mengenai siapa pemain yang tidak mampu saya datangkan, saya mengakui bahwa Ayoze Perez adalah sosok itu. Saya pikir bakat yang dimilikinya sangat menarik,”imbuhnya kepada Daily Mail (10/2).

“Bakat Ayoze akan sangat berkembang dan dapat menjadi salah satu pemain bintang, jika ia bermain di Barcelona B. Apa yang dimiliki oleh Ayoze sangat mirip dengan kemampuan Denis (Suarez, pemain muda Barcelona yang hijrah ke Villarreal musim ini),” ujarnya.

Belum diketahui secara pasti, apakah ada tawaran resmi dari Barcelona mengenai Ayoze, tapi yang jelas saat diresmikan oleh Newcastle pada 6 Juni 2014 lalu, ia mengaku bahwa memilih Newcastle dikarenakan ia mencari petualangan baru di negara yang baru.

Tak kaget mendengar ucapan Zubizarreta seperti ini, pasalnya ia memang dikenal sebagai sosok yang lumayan sering mengeluarkan pernyataan kontroversial, di antaranya, ia tak setuju dengan keputusan Barcelona kala memutuskan mendatangkan Thomas Vermaelen dan Luis Suarez.

Komentar