Pemecatan Van Gaal dan Soal Wartawan yang Mengarang Cerita

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Pemecatan Van Gaal dan Soal Wartawan yang Mengarang Cerita

Dalam waktu tujuh hari terakhir, isu mengenai mendaratnya Jose Mourinho sebagai suksesor Louis Van Gaal di kursi kepelatihan Manchester United semakin berhembus kencang. Menghangatnya kabar ini bukan saja disebabkan oleh kesulitan yang dialami oleh tim yang bermarkasi di Old Trafford tersebut untuk menembus peringkat empat besar klasemen Liga Primer Inggris, tetapi juga karena sang rival sekota, Manchester City sudah mengumumkan Pep Guardiola sebagai manajer baru mereka untuk gelaran musim depan.

Menanggapi kabar ini, Van Gaal memiliki tanggapan tersendiri. Dalam konferensi pers pasca pertandingan melawan Chelsea di Liga Primer Inggris, Minggu (07/02) dini hari tadi yang berakhir imbang 1-1, Van Gaal memberikan pernyataan terkait kemungkinan Jose Mourinho akan menjadi juru taktik tim berjuluk "Setan Merah" tersebut.

"Banyak beredar berita sampah tentang saya. Dan saya tidak percaya bahwa sudah ada kesepakatan antara Manchester United dengan Jose Mourinho. Saya bisa mengatakan ini karena saya tahu betul apa yang terjadi di dalam klub selama beberapa bulan terakhir," ujar Van Gaal kepada BBC.

"Apakah anda sudah menanyakan mengenai kabari ini kepada Ed Woodward (Kepala Eksekutif United)?" tanya Van Gaal kepada para wartawan. "Kenapa klub mesti menepis rumor ini (isu mengenai kedatangan Mourinho)? Di sisi lain saya juga tidak pernah turut campur mengenai hal tersebut.  Klub selalu menolak mengenai kebenaran berita ini. Jadi bagaimana Anda bisa membuat berita tersebut?"

"Okay, berarti Anda tidak pernah bertanya kepada Ed Woodward, tidak juga kepada Keluarga Glazer. Anda berarti sedang mengarang cerita. Dan saya mesti menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, saya tidak akan menjawab pertanyaan terkait rumor itu. Dan saya mesti mengulang-ngulang pernyataan ini dalam setiap minggu!"

"Sekarang saya tanya bagaimana rasanya apabila Anda dipecat esok hari, siapa nama Anda?" tanya Van Gaal kepada salah satu jurnalis yang hadir di konferensi pers tersebut. "Bagaimana rasanya apabila saya umumkan bahwa Anda akan dipecat. Lihat istri Anda, apakah Anda tidak sadar bahwa Anda memiliki seorang anak dan juga keluarga?"

"Tulis hal yang ingin anda tulis. Mungkin Anda ingat bagaimana tahun pertama Fergie (Sir Alex Ferguson) di sini," ucap Van Gaal.

Van Gaal boleh saja kesal, karena tentunya isu mengenai pergantiannya akan menganggu konsentrasinya untuk menangani United dan membawa klub ke tingkat yang lebih baik. Menarik melihat pernyataan Van Gaal yang merujuk kepada musim pertama Sir Alex Ferguson di Manchester United. Manajer legendaris asal Skotlandia tersebut hanya berhasil membuat United duduk di peringkat 11 klasemen akhir, sementara Van Gaal di musim perdananya berhasil membawa tim ke peringkat empat klasemen.

Sumber : BBC, ESPN FC

Foto : ESPN FC

Komentar