Bertahan di Juventus Akan Untungkan Rugani

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Bertahan di Juventus Akan Untungkan Rugani

Sosok Daniele Rugani, bek tengah Juventus, tampil istimewa ketika membela Empoli musim lalu. Meski usianya belum genap 20 tahun, ia sudah menjadi pemain reguler Empoli. Tak hanya itu, ia juga membuat rekor istimewa dengan selalu tampil 90 menit dari 38 penampilannya tanpa mengoleksi kartu kuning dan kartu merah ataupun defensive error.

Catatan baik Rugani ini pun sempat membuatnya diberitakan menjadi incaran klub besar seperti Arsenal. Namun keinginannya membela Juventus membuatnya lebih memilih klub asal kota Turin ini.

Kedatangannya di Juventus sempat membuat banyak pihak berpikir bahwa ia akan menggantikan peran Andrea Barzagli yang telah memasuki usia 34 tahun pada musim ini, dalam skema tiga bek Juventus.  Selain itu, bek lainnya, Angelo Ogbonna juga memilih pindah ke West Ham United.

Namun, permainan stabil Barzagli nyatanya tak mampu digeser Rugani. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri bahkan memilih untuk terus memainkan Barzagli ketimbang melakukan rotasi untuk memberi Rugani menit bermain. Kritik atas jarangnya Rugani bermain membuat agen Rugani, Davide Torchia kecewa, ia merasa Juventus hanya bilang Rugani penting, tapi enggan memberinya kesempatan unjuk gigi. Torchia pun disebut meminta untuk membawa Rugani pergi dari Juventus ketimbang tak bermain.

Upaya Torchia membawa Rugani pergi dari Juventus ternyata didengar oleh Mauruzio Sarri, pelatihnya di Empoli. Namun pelatih yang berhasil membawa Napoli menjadi juara paruh musim Serie A 2015/2016 tersebut merasa bahwa Rugani masih perlu belajar banyak dan belum saatnya untuk pindah dari Juventus.

“Dia harus banyak belajar dari Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci and Andrea Barzagli setiap hari. Jika dia terus berlatih, saya yakin hal tersebut akan berpengaruh banyak ke dirinya,” imbuhnya.

Ucapan tersebut diamini oleh Rugani. Bek yang membela Empoli sejak 2000 tersebut mengatakan bahwa ia beruntung berada di Juventus sekarang dan tugasnya kini hanyalah untuk belajar sebanyak mungkin dari para seniornya. Tapi, Ia mengaku bahwa ia selalu siap jika Allegri tiba-tiba membutuhkannya untuk bermain.

“Menurut saya, Rugani adalah bek muda terbaik di Italia. Dia mempunyai kemampuan dan kapabilitas yang luar biasa, dan saya pikir dia bisa menjadi pemain masa depan Italia,” ujar Sarri kepada Corriere Dello Sport sebelum laga Napoli melawan Sampdoria (24/1).

Sarri menambahkan bahwa keberadaan Rugani di Juventus sekarang menguntungkan dia. Tak hanya soal kesempatan bermain di klub besar yang juga bermain di banyak kompetisi, ia juga bisa belajar banyak dengan bermain bersama salah satu kombinasi terbaik di dunia.

Jika Sarri yang mengetahui kemampuan Rugani sudah berkata seperti ini, rasanya tak mengherankan jika pada akhirnya Rugani tetap di Juve. Namun, dalam bursa transfer segala kemungkinan masih bisa terjadi. Tak terkecuali bagi Rugani yang memiliki bakat istimewa di mana banyak kesebelasan yang tengah mengintainya.

Komentar