Meski Masih Hebat, Del Bosque Tak Menjamin Tempat untuk Casillas

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Meski Masih Hebat, Del Bosque Tak Menjamin Tempat untuk Casillas

Piala Eropa 2016 baru dimulai pada 10 Juni. Namun beberapa negara mulai memikirkan susunan pemain yang akan mereka tampilkan untuk memperkuat tim nasional masing-masing. Tak terkecuali Vicente del Bosque, yang mengatakan bahwa pemain sekaliber Iker Casillas tak akan mudah menembus timnya, timnas Spanyol.

Iker Casillas sendiri tak bermain di Real Madrid lagi musim ini. Ia memilih hijrah ke FC Porto untuk mengamankan jatah bermainnya untuk Tim Nasional Spanyol, namun rencananya tersebut tak berbanding lurus dengan ucapan Del Bosque.

“Tak ada yang menjamin tempat di tim nasional kecuali pemain yang bersangkutan. Kami memang memiliki daftar pemain yang layak, tapi daftar tersebut belum pasti. Akan ada pemain yang keluar-masuk dalam daftar tersebut hingga deadline penyerahan pada tanggal 17 Mei. Saya sendiri berharap hanya pemain terbaik yang berada dalam daftar tersebut,” ujar eks pelatih Real Madrid tersebut kemarin (26/1).

“Tak ada yang tahu mengenai kans Casillas berada di daftar tersebut atau tidak. Masih ada beberapa bulan tersisa dan kita akan melihat pemain yang pantas. Saya sendiri tak setuju bila daftar tersebut hanya diisi pemain yang memiliki wibawa atau karir yang baik selama bermain,” jelasnya.

“Iker (Casillas) belum berhenti bermain dan dia masih aktif bersama timnya,” tambahnya.

Musim lalu, Casillas tergantikan oleh Keylor Navas yang baru didatangkan dari Levante UD.  Permainan Keylor Navas pun lebih dipercaya Carlo Ancelotti untuk menjaga gawang Real Madrid ketimbang Casillas. Hingga akhirnya ia memutuskan pergi pada awal musim 2015/16 menuju klub yang diasuh eks staf kepelatihan Real Madrid, Julen Lopetegui tersebut.

Persaingan kiper utama Timnas Spanyol kini memang sangat ketat. Tak hanya Casillas, David de Gea dan Sergio Rico, yang merupakan pesaing Casillas juga sama-sama tengah menunjukkan performa apiknya bersama klub masing-masing.

Namun melihat statistik Casillas musim ini, Casillas terbilang masih unggul. Pasalnya ia hanya kebobolan 11 gol dari 19 laga, sementara De Gea kebobolan 19 gol dari 19 laga dan Rico kebobolan 18 gol dari 18 laga. Namun tentu saja ada level yang berbeda di antara masing-masing liga yang mereka ikuti. Dan keputusan akhir tetap ada di tangan Del Bosque.

Sumber: transfermarkt, Daily Mail

Komentar