Pochettino Samakan Dele Alli dengan Paul Pogba

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Pochettino Samakan Dele Alli dengan Paul Pogba

Tampil impresif sejak mendarat di Tottenham Hotspur Agustus lalu, gelandang muda, Dele Alli mendapat perpanjangan kontrak sekaligus kenaikan gaji sebesar 150%. Kedepannya, Alli juga akan mendapatkan gaji sebesar 25.000 Poundsterling setiap pekan.

Lima gol dalam 18 pertandingan Liga Inggris menjadikan Alli menjadi yang paling cemerlang dibandingkan gelandang berusia dibawah 21 tahun lain yang dimiliki oleh tim-tim lain. Alli tercatat sebagai pemain Inggris U-21 yang bermain paling lama, kemudian mencetak asist terbanyak dan paling sering  membobol gawang lawan. Maka, menjadi suatu kewajaran ketika klubnya memutuskan untuk mengikatnya lebih lama.

Sang pemain merasa senang dengan kontrak barunya tersebut. Alli menyebutkan bahwa klub barunya tersebut adalah tempat yang kondusif untuk berkembang bagi pemain muda.

"Klub sudah sangat baik sejak hari pertama saya datang, kami adalah tim muda yang hebat dan saya senang berada di sini. Seluruh pemain dan staf pelatih membantu saya untuk beradaptasi, karena itulah saya bisa jadi lebih fokus untuk bermain. Karena terkadang kondisi suatu klub besar bisa menjadi sangat menakutkan, ketika seorang pemain muda pindah kesana" ujarnya kepada Guardian.

Alli yang baru berusia 19 tahun sudah menjadi poros permainan tim dalam skema 4-2-3-1 yang diusung Mauricio Pochettino. Pemain kelahiran Milton Keynes ini berperan sebagai satu dari double-pivot yang dipasang oleh Pochettino. Tandemnya memang sering berganti-ganti, tapi Alli selalu menjadi pilihan utama Pochettino di posisi tersebut.

Sang manajer sendiri beranggapan bahwa Alli adalah pemain yang spesial.  Pochettino menyamakan anak asuhnya tersebut dengan gelandang fenomenal asal Prancis, Paul Pogba.

"Dia adalah bakat yang spesial" sebut Pochettino seperti yang dilansir ESPN FC. "Ketika di posisi pemain No.10 dia justru melakukan pergerakan seperti seorang penyerang, ketika ditempatkan sebagai No.6 atau No. 8 dia akan menjadi holding mildfielder yang sangat bagus. Saya pikir dia versatile seperti Paul Pogba, dan hal tersebut adalah sesuatu yang berharga dalam sepakbola saat ini"

"Kualitas terbaiknya adalah ia (Alli) pemain yang sangat-sangat cerdas. Dia tidak terlalu banyak berlari, tapi dia bisa membaca permainan dengan sangat baik. Kami harus mengembangkan kemampuannya, yang akan kami lakukan adalah tidak terlalu banyak memberikan dia arahan, dia harus merasa bebas dan enjoy di Lapangan" pungkas  Pochettino,

Melihat peformanya sejauh ini, Alli memang menunjukan bahwa dirinya adalah gelandang muda yang berbakat. Bahkan debutnya di tim nasional Inggris langsung ditandai dengan sebuah gol cantik ke gawang Prancis pada 17 November tahun lalu. Bahkan bisa jadi di Euro 2016 nanti, Alli akan menjadi gelandang utama pilihan Roy Hodghson.

Sumber : The Guardian , ESPN FC

Foto : thefa.com

Komentar