Manchester United Ditahan Imbang Newcastle United 3-3

Berita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Manchester United Ditahan Imbang Newcastle United 3-3

Manchester United kembali meraih hasil kurang menggembirakan setelah ditahan imbang Newcastle United 3-3 dalam lanjutan pekan ke-21 Liga Primer Inggris. Dalam pertandingan yang dihelat di St. James Park tersebut, MU sebenarnya sudah unggul 3-2 hingga menit ke-89. Namun, Paul Dummett berhasil menyamakan skor.

Pertandingan dimulai dengan minute of applause atas meninggalnya mantan kiper Newcastle United, Pavel Srnicek yang meninggal karena gagal jantung. Selain itu, dua pembelian terbaru Newcastle, Jonjo Shelvey dan Henri Saviet, dikenalkan dengan berkeliling lapangan sebelum pertandingan.

Skuat asuhan Louis van Gaal memulai laga dengan meyakinkan. Mereka unggul cepat pada menit kesembilan lewat tendangan penalti Wayne Rooney. Penalti tersebut memanfaatkan kesalahan bek Newcastle saat melakukan duel udara dengan Marouane Fellaini. Bola sundulan Fellaini mengenai tangan Chancel Mbemba. Wasit pun menunjuk titik putih.

Keputusan ini pun sempat dipertanyakan oleh komentator televisi. Pasalnya, tangan Mbemba pasif. Bahkan, Mbemba pun tidak sempat melihat arah pergerakan bola. Namun, wasit Mike Dean, bersikukuh kalau itu mesti diganjar penalti.

Rooney mengeksekusi penalti dengan sempurna. Sepakannya mengarah ke sisi kiri kiper Rob Elliot, yang melompat ke sisi sebaliknya. Seperti biasa, tak ada keriangan dalam wajah Van Gaal. Ia masih masyuk menulis catatan.

Setelah gol tersebut, Newcastle mulai mengambil alih jalannya permainan. Namun, pada menit ke-27 Wayne Rooney hampir menggandakan keunggulan. Umpan terobosan Jesse Lingard berhasil diterima Rooney dengan baik. Sayang tendangannya terlalu melebar.

Penguasaan bola Newcastle tidak diiringi dengan jumlah peluang. Hingga babak pertama, MU sudah melepaskan delapan tendangan sementara Newcastle cuma tiga kali.

Ketidakefektifan serangan itu yang membuat MU menambah skor. Kali ini, Rooney yang berada di depan gawang, tidak menembak bola secara langsung. Ia memberikan umpan terukur pada Lingard yang berlari dari belakang. Sepakan Lingard pun menerobos celah antara dua kaki Elliot. MU pun unggul 2-0 pada menit ke-38.

Namun, keunggulan MU tidak bertahan lama. Empat menit berselang giliran Georginio Wijnaldum yang mencetak gol. Babak pertama pun berakhir 2-1 untuk keunggulan Manchester United.

Pada babak kedua, MU hampir menambah skor. Lingard yang berdiri bebas di depan gawang, tidak bisa mencocor bola umpan Martial yang diteruskan Ander Herrera. Kebencian pun terpampang dari wajah Louis van Gaal di pinggir lapangan.

Semangat menambah angka, Newcastle justru mengejar ketertinggalan. Pelanggaran yang tidak perlu dilakukan Chris Smalling saat menghadapi bola tendangan penjuru. Mike Dean pun menunjuk titik yang sama dua kali untuk hari ini.

Aleksandar Mitrovic dan David De Gea pun melakukan duplikasi seperti momen sebelumnya. Mitrovic menendang ke kiri gawang, sementara De Gea loncat ke arah sebaliknya. Persis seperti yang dilakukan Rooney.

Pada menit ke-68, Wijnaldum sejatinya berhasil mencetak gol. Namun, wasit menganulir karena ia berada tiga meter lebih dekat dengan gawang ketimbang Daley Blind.

MU menambah keunggulan lewat Rooney. Memphis Depay yang melakukan solo run mengecoh dua pemain Newcastle. Keegoisannya sempat tidak akan berbuah apa-apa buat MU. Beruntung bola lemah sepakannya membentur Mbemba dan Dummett yang membuat bola bergulir di hadapan Rooney. Rooney pun melepaskan tendangan keras ke pojok kanan gawang Newcastle. MU unggul 3-2.

Pertandingan kian seru karena setelah gol tersebut, justru MU yang mendominasi penguasaan bola. Namun, keteledoran membuat MU kebobolan. Pada menit ke-90, Paul Dummett menendang bola dengan keras. Dengan percaya diri, De Gea sudah memperkirakan arah bola dengan melompat seadanya. Namun, bola membentur Smalling yang membuat bola berputar menjauhi area tangkapan De Gea. Beberapa menit kemudian, Steve McClaren pun pulang dengan menebar senyuman.

Hasil seri ini membuat MU tertahan di peringkat keempat dengan 34 poin. Sementara itu, buat Newcastle hasil ini masih tidak memuaskan karena mereka masih berada di peringkat ke-18 dengan 18 poin.

foto: dailymail.co.uk

Komentar