Harapan-Harapan untuk Eden Hazard

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Harapan-Harapan untuk Eden Hazard

Permasalahan kondisi mental pemain tampaknya berdampak besar dari bagaimana cara seseorang bermain. Jika mental sedang rendah-rendahnya, permainan pun bisa menjadi buruk, begitu pula sebaliknya. Hal tersebut yang barangkali dirasakan oleh hampir sebagian besar pemain Chelsea yang masih sulit menunjukkan performa terbaiknya.

Seteleh menjuarai Premier League pada musim lalu, penampilan luar biasa Chelsea tak begitu tampak pada musim ini. Salah satu yang terlihat begitu menurun adalah Eden Hazard. Penampilan winger asal Belgia ini tak lagi istimewa. Pada musim ini ia baru membukukan dua assist dari 16 penampilannya di kompetisi teratas Inggris tersebut.

Sadar bahwa Hazard merupakan salah satu aset berharga The Blues, pelatih interim Chelsea, Guus Hiddink pun meminta Hazard bermain lebih baik dalam sisa kompetisi. “Musim lalu, ia bermain sangat luar biasa. Meskipun dia kini tak bermain baik, saya harap dia bisa kembali ke performanya pada sisa kompetisi,” jelas Hiddink kepada Sky.

Hiddink menjelaskan bahwa penampilan peraih gelar PFA Player of the Year ini memang sedang menurun, tapi melihat apa yang dilakukan Hazard terhadap Chelsea dalam beberapa tahun terakhir harusnya ia bisa bangkit.

“Potensi yang dimiliki Hazard harusnya bisa memacunya untuk bermain lebih baik. Saya tahu bahwa sekarang karirnya sedang tidak bagus, tapi saya yakin ia dapat memperbaiki hal tersebut,” lanjut Hiddink.

“Saya pikir dalam beberapa tahun kedepan ia akan menjadi pemain kunci, tidak hanya disini (Chelsea), tapi juga d Timnas Belgia. Sangat tidak beruntung karena mengalami cedera beberapa waktu yang lalu,” ujar eks pelatih Timnas Belanda tersebut.

Keyakinan Hiddink terhadap Hazard memang tak berlebihan. Pasalnya Hazard memang memiliki potensi untuk menjadi seorang pemain besar. Sejak bermain di tim junior Lille, ia sanggup menunjukkan siapa dirinya. Belum lagi keberhasilannya membawa Lille menjuarai Ligue 1 dan Coupe de France pada 2010/2011.

Tidak hanya itu, Hazard juga berkontribusi besar atas prestasi The Blues sejak ia pindah pada musim 2012/2013, di antaranya adalah trofi Premier League dan Football League Cup musim lalu serta Europa League musim 2012/2013.

Di usia yang masih terbilang muda Hazard sering menjadi harapan tim kala sedang butuh gol. Bahkan, Jose Mourinho pernah berkata bahwa Hazard calon pemain besar jika ia terus menunjukkan sikap dan permainan yang baik.

“Kini Eden (Hazard) semakin kuat. Bukan hanya dari skill individunya dan permainannya saja, tapi juga dari sikapnya di lapangan. Andaikan dia terus mempertahankan kedua aspek tersebut, dia bisa menjadi pemain besar,” jelas Mourinho kala diwawancarai The Express.

Penampilan Hazard di lapangan pun patut ditunggu, apakah ia akan melanjutkan performa gemilangnya musim lalu atau karir gemilangnya di usia muda akan berhenti sampai disini.

Sumber : bleacherreport, Sky, The Express

Komentar