Ketakutan Klopp Terhadap Serangan Balik Leicester City

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Ketakutan Klopp Terhadap Serangan Balik Leicester City

Pertandingan Liverpool melawan Leicester City esok (26/12) petang, akan menjadi pertandingan besar bagi Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Liverpool yang kini tengah tengah berada di peringkat kesembilan dengan 24 poin dari 17 pertandingan akan menghadapi pemimpin klasemen sementara Premier League yang baru sekali kalah.

Performa Liverpool yang kurang baik dalam tiga pertandingan terakhir Premier League dianggap akan memengaruhi mental mereka jelang pertandingan ini. Namun Klopp menilai bahwa laga ini akan menjadi sarana unjuk gigi bagi timnya setelah terakhir mereka dikalahkan Watford.

“Laga melawan Leicester jelas akan kami manfaatkan. Kekalahan dari Watford pada pekan lalu (20/12) jelas menjadi pelajaran bagi kami untuk bermain maksimal dalam laga ini,” ujar eks pelatih Borussia Dortmund ini seperti dilansir ESPNFC.

“Akan menjadi kehormatan bagi saya untuk berhadapan dengan Ranieri, sebab dia adalah salah satu pelatih berpengalaman dan sukses di dunia. Terbukti, ia mampu membawa Leicester menakutkan dengan serangan baliknya,” ujar Klopp.

Kekhawatiran Klopp memang wajar. Leicester tercatat menguasai bola rata-rata sebanyak 43,6 % per pertandingan dan juga akurasi umpan mereka hanya 70,1 %. Namun mereka mampu memanfaatkan setiap peluang dengan baik. Buktinya Leicester tengah memuncaki klasemen sementara Premier League dengan 38 poin dari 17 pertandingan dengan 37 gol ke gawang lawan.

“Mereka layak mendapatkan itu (peringkat pertama) dan kami sudah tidak lagi kaget melihatnya. Sebab, mereka bermain dengan sangat efektif. Pertahanan mereka baik ditambah serangan balik yang sempurna, rasanya sangat wajar apabila melihat mereka di puncak,” ujar Klopp seperti dilansir Daily Mail.

Pada laga ini, kemungkinan Liverpool tidak akan dapat memainkan Martin Skrtel dan James Milner yang masih harus menepi karena cedera. Sementara itu, Dejan Lovren dan Simon Mignolet sudah terlihat ikut berlatih di Melwood.

Di kubu Leicester, laga ini jelas akan dimanfaatkan untuk semakin menjauh dari rival terdekat mereka, Arsenal. Perbedaan dua poin tentu akan membuat Leicester tergeser apabila Arsenal sukses mengalahkan Southampton di St. Mary’s Stadium.

Claudio Ranieri sendiri berujar ia tak akan bermain aman pada laga ini. “Kemenangan di pertandingan ini akan menjadi kado natal yang indah. Selain itu, bermain di Anfield jelas merupakan suatu kebanggaan. Kami akan menunjukkan kemampuan terbaik kami untuk membuktikan bahwa kami bisa menang disini,” jelas pelatih berjuluk Tinkerman ini.

Menarik kita nantikan bagaimana Klopp bisa menyiasati skuatnya untuk meredam serangan balik Leicester yang berhasil mengantarkan mereka ke puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Sumber : The Independent, Daily Mail, Whoscored, ESPNFC

Komentar