Lima Hal Yang Wajib Ditunggu Pada Boxing Day Tahun Ini

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Lima Hal Yang Wajib Ditunggu Pada Boxing Day Tahun Ini

Boxing Day merupakan tradisi yang terjadi setelah perayaan Natal. Dalam sejarahnya, setiap orang akan saling bertukar hadiah yang dikemas dalam sebuah kardus (box). Awalnya Tradisi ini dirayakan di seluruh wilayah persemakmuran Inggris, namun di kemudian hari beberapa negara lain pun turut merayakan tradisi tukar-menukar hadiah ini.

Dan dalam sepakbola Inggris, hari Boxing Day dijadikan hari di mana pertandingan terakhir paruh pertama dilangsungkan. hal ini menjadi keunikan tersendiri, dikarenakan sepakbola Inggris tetap menjalankan kompetisinya pasca liburan Natal, sementara kompetisi di negara lain kebanyakan diliburkan.

Sejauh ini Manchester United menjadi tim yang memegang rekor kemenangan terbanyak dalam Boxing Day. Setan Merah - julukan Manchester United - memiliki persentase kemenangan 54.95% dalam sejarah Boxing Day, dengan rincian 50 kemenangan, 15 kali ditahan imbang, dan 26 kali menelan kekalahan. United juga menjadi tim tersubur dalam sepanjang sejarah Boxing Day dimana mereka sejauh ini sudah mencetak 185 gol.

Dan pada gelaran tahun ini dipastikan akan kembali terjadi hal-hal yang menarik, apalagi Boxing Day biasanya menjadi tolak ukur peforma sebuah tim dalam setengah tahun kebelakang.

Trauma Arsenal di St.Mary Stadium

Arsenal menunjukan peforma gemilang kala mengalahkan Manchester City awal pekan ini. Pertandingan tersebut menjadi salah satu penampilan terbaik skuat asuhan Arsene Wenger sepanjang paruh pertama. Pada Boxing day, Arsenal jangan sampai tergelincir agar bisa menempel ketat Leicester City.

Berkaca pada pertemuan kedua tim di hari terakhir tahun 2014 lalu, Arsenal secara mengejutkan dikalahkan Southampton dengan skor 2-0. Kekalahan ini juga disinyalir sebagai penyebab merosotnya penampilan Arsenal pasca akhir tahun, dan harus kalah dalam perebutan gelar.

Tentunya kejadian yang sama diharapkan tidak terulang pada Sabtu(26/12) nanti. Dan bisa saja dengan mengalahkan Southampton, akan menjadi momentum Arsenal untuk kembali meraih gelar juara liga Inggris setelah puasa lebih dari sepuluh tahun.

Ujian Bagi Pertahanan Liverpool

Lini pertahanan menjadi perhatian penting pelatih Jurgen Klopp dalam beberapa pertandingan terakhir. Sejak menang besar atas Manchester City di Etihad Stadium dan mengalahkan Swansea City pada bulan November lalu. The Reds - julukan Liverpool, belum sekalipun meraih kemenangan dan cukup banyak kemasukan gol. Termasuk pada pekan ke-17 lalu di mana mereka dikalahkan oleh Watford dengan skor 3-0.

Liverpool Saat Dikalahkan Watford Pekan Lalu
Liverpool saat dikalahkan Watford pekan lalu

Jordan Henderson dan kolega patut waspada. Karena lawan yang akan mereka hadapi pada Boxing Day kali ini adalah pemuncak klasemen, Leicester City. Lini pertahanan Liverpool mesti melakukan penjagaan ketat terhadap duo berbahaya milik Leicester, Jamie Vardy dan Riyad Mahrez. Sejauh ini Vardy dan Mahrez sudah mencetak total 28 gol. Raihan tersebut merupakan 75% dari gol yang dicetak Leicester City sepanjang paruh pertama ini.

Tentunya kesalahan-kesalahan yang dilakukan seperti yang terjadi saat melawan Watford jangan sampai terulang kembali dalam laga melawan Leicester kali ini. Karena seperti yang kita tahu, Jamie Vardy dengan kecepatannya selalu bisa memanfaatkan kesalahan yang dibuat oleh lawan dan mencetak gol.

Everton Bisa Saja Terpeleset

Everton selalu terkenal sebagai tim dengan potensi yang luar biasa, dan mereka selalu bisa merepotkan tim-tim papan atas Liga Inggris. Musim ini Everton mengandalkan kombinasi pemain-pemain muda berbakat seperti Gerard Deulofeu, Romelu Lukaku, Ramiro Funes Mori, dan Brendan Galloway. Ditambah lagi ikon klub, Ross Barkley, makin hari permainannya kian matang.

Namun kondisi skuat asuhan Roberto Martínez sedang tidak terlalu bagus sepanjang bulan Desember ini. Everton terakhir kali menang pada 21 November dengan lawannya kala itu adalah Aston Villa. Saat ini mereka berada di peringkat 10 dengan  perbedaan enam poin dari peringkat empat Tottenham Hotspurs.

Laga melawan Newcastle di Boxing Day kali ini bisa jadi kesempatan Everton untuk mencari momentum sekaligus merangsek ke papan atas klasemen. Meskipun di sisi lain, skuat asuhan Steve McLaren sepertinya sudah mulai membaik peformanya dan siap membuat Everton kewalahan Sabtu nanti.

Partai Perdana Periode Kedua Guus Hiddink

Menghadapi Watford, Chelsea akan menjalani laga pertama bersama manajer interim, Guus Hiddink. Laga ini tentunya akan menjadi awal dari upaya Hiddink untuk mengatrol posisi Chelsea yang saat ini berada di papan bawah klasemen Liga Primer Inggris.

Guus Hiddink (Kiri) Merayakan Gol Yang Dicetak Chelsea ke gawang Sunderland pekan lalu di tribun penonton bersama Roman Abramovich dan Didier Drogba
Guus Hiddink (Kiri) merayakan gol yang dicetak Chelsea ke gawang Sunderland pekan lalu di tribun penonton bersama Roman Abramovich dan Didier Drogba

Pada 2009, juru taktik asal Belanda yang juga berstatus sebagai manajer interim Chelsea itu berhasil memenangkan pertandingan debutnya. Kala itu The Blues - julukan Chelsea, mengalahkan Aston Villa dengan skor 1-0.

Watford yang akan dihadapi oleh Hiddink nanti tentunya ingin membuktikan bahwa keberhasilan mereka menghajar Liverpool pekan lalu bukanlah sebuah keberuntungan belaka. Dan duet penyerang Troy Deeney dan Odion Ighalo dipastikan akan merepotkan lini belakang Chelsea yang disebut-sebut sudah 'turun mesin' tersebut.

Stoke City Akan Panaskan Isu Pemecatan Van Gaal

Seminggu terakhir rumor pemecatan pelatih Manchester United, Louis Van Gaal berhembus kencang. Meskipun dikabarkan bahwa pelatih asal Belanda tersebut mendapatkan dukungan dari petinggi klub, pemain hingga manajer legendaris Sir Alex Ferguson, namun kegagalan meraih tiga poin bisa saja membuat mereka-mereka yang mendukung Van Gaal berpikir kembali.

Lawan yang dihadapi Van Gaal dan Setan Merah pada Boxing Day kali ini pun terhitung sebagai lawan yang sulit ditaklukan, Stoke City. Dengan catatan impresif Jack Butland selama mengawal gawang The Potters - julukan Stoke City, tentunya hal ini akan menjadi perhatian skuat asuhan Van Gaal yang masih berurusan dengan kurang produktifnya lini serang, terutama penyerang utama dan kapten tim Wayne Rooney.

Sumber : Guardian , ESPN FC

Foto : Unibet.com,dailymail

Komentar