Siapa Bek Tersukses di Dunia? Dani Alves!

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Siapa Bek Tersukses di Dunia? Dani Alves!

Gelar juara Piala Dunia Antar Klub yang diraih Barcelona pada Minggu (20/12) lalu, seakan menasbihkan tim asal Catalan tersebut sebagai tim terbaik dunia tahun ini. Sepanjang tahun 2015, Los Cules--julukan Barcelona memenangkan sebagian besar trofi utama, mulai dari Liga Spanyol, Liga Champions, termasuk yang teranyar, menjadi kampiun Piala Dunia Antar Klub yang dahulu bernama Piala Interkontinental.

Penyerang Luis Suarez jelas menjadi sorotan, dengan lima gol yang dicetaknya sepanjang kompetisi. Namun yang mencatatkan sebuah rekor menarik bukanlah pemain asal Uruguay tersebut. Adalah bek kanan Los Cules, Dani Alves yang berhasil membukukan rekor sebagai pemain dengan gelar terbanyak untuk kategori pemain belakang.

Pemain bernama lengkap Daniel Alves da Silva ini sudah meraih total 29 trofi sepanjang kariernya, dengan 21 di antaranya berhasil diraih di klubnya saat ini FC Barcelona. Alves melewati raihan rekan setimnya, Gerard Pique, di mana bek tengah asal Spanyol tersebut sudah mengumpulkan total 25 gelar juara.

Gelar pertama yang diraih Alves adalah pada 2001. Saat itu ia membawa Bahia untuk menjadi kampiun Campeonato Baiano. Sementara gelar pertama Daniel Alves di Eropa terjadi pada 2006, di mana ia dan timnya saat itu Sevilla, berhasil meraih gelar UEFA Cup (kini bernama Europa League).

Di belakang Alves dan Pique terdapat dua nama bek legendaris dunia, yaitu Marcos Cafu dan Paolo Maldini. Bekas kapten tim nasional Brasil tersebut unggul satu trofi dibandingkan mantan kapten tim nasional Italia yang sudah memenangkan total 23 trofi sepanjang kariernya.

10 Besar Bek Dengan Gelar Terbanyak
10 Besar Bek Dengan Gelar Terbanyak

Pemain belakang seringnya memang tidak mendapat apresiasi seperti yang didapatkan para penyerang. Hampir sama dengan yang dialami oleh kiper, satu kesalahan saja bisa membuat seorang pemain belakang dicap sebagai yang terburuk. Padahal sebagai olaharga yang dimainkan secara tim, posisi apapun mestinya mendapatkan perlakuan yang sama. Yang jelas, apa yang diraih Alves membuktikan kalau dirinya adalah bek yang istimewa.

Sumber : dailymail.co.uk , daily telegraph, FIFA.com

Foto : dailymail.co.uk

Komentar